Selasa, 31 Juli 2012

Renang-Michael Phelps Tak Lagi Fenomenal


LONDON – RENANG INDONESIA - Perenang asal Amerika Serikat Michael Phelps belum mampu menunjukkan penampilan terbaiknya.Pada dua nomor yang diikutinya sampai hari kedua cabang renang Olimpiade 2012 London,Minggu (28/7),dia gagal mempersembahkan medali emas bagi negerinya. 

Pada nomor 400 meter gaya ganti perseorangan putra misalnya,Phelps,27,harus puas di tempat keempat dengan catatan waktu 4 menit 09,28 detik.Padahal,empat tahun lalu, dialah yang merebut medali emas, sekaligus mencatatkan rekor dunia dan rekor Olimpiade dengan waktu 4:03,84. Hasil ini memang sangat ironis bagi Phelps.

Apalagi,nomor tersebut merupakan nomor spesialisasinya.Terbukti,dia menguasai nomor itu di dua Olimpiade: 2004 Athena dan 2008 Beijing.Termasuk,menjadi juara di beberapa kejuaraan dunia seperti 2003 Barcelona dan 2007 Melbourne.Bahkan,dia kerap mencatatkan rekor dunia pada nomor tersebut,termasuk pada 2008 Beijing.

Namun,semuanya berakhir kini.Phelps bukan cuma gagal merebut emas,juga tak bisa menyumbangkan medali pada nomor ini.Kali ini,dia harus mengakui kelebihan rekan senegaranya, Ryan Lochte,yang menjadi terbaik di nomor tersebut dengan catatan waktu 4:05,18.Namun,hasil itu belum melewati rekor Olimpiade milik Phelps.

“Ini membuat saya frustrasi.Itu yang bisa saya katakan dengan kegagalan ini,”kata Phelps, dilansir newsday.“Bagi saya,hasil ini cukup menjengkelkan.Namun,saya harus akui pertarungan ini memang sulit.Saya mendapatkan perlawanan yang cukup berat, termasuk rekan saya,Lochte, ”tutur peraih 14 medali emas di dua Olimpiade tersebut, Athena dan Beijing. Yang menarik, kegagalan Phelps bukan hanya di nomor individu,juga tim.

Terbukti, pada nomor 4 x 10 meter gaya bebas putra,dia dan rekan-rekannya hanya mampu menempati posisi runner-up.Mereka hanya mampu mencatatkan waktu 3:10.38.Mereka harus mengakui keunggulan tim Prancis yang menorehkan waktu 3:09.93.Padahal,seperti halnya nomor 400 meter ganti perseorangan, dia biasanya mampu memimpin rekanrekannya meraih medali emas,baik saat tampil di Olimpiade 2008 Beijing maupun kejuaraankejuaraan dunia renang lain.

“Saya tentu kecewa gagal mempersembahkan medali emas pada dua hari penyelenggaraan cabang olahraga renang, Namun,setidaknya saya cukup senang bisa mendapatkan medali perak,”ujar Phelps,yang kini mengoleksi total 17 medali di Olimpiade.“Kami ingin berada di puncak.Tapi, Yannick Agnel––tim Prancis––merupakan perenang yang sangat baik sepanjang tahun.Meski kami memiliki empat perenang tercepat, pelatih mungkin memiliki pandangan terbaik untuk para perenangnya,”ujarnya.

raikhul amar
_Yang jelas,dua kegagalan emas ini menjadi pelajaran berharga bagi Phelps.Tentunya, dia bertekad tak akan mengulang kesalahan demi meraih prestasi terbaik pada Olimpiade kali ini. Apalagi,dia masih memiliki lima nomor lagi untuk meraih medali emas,yaitu 100 meter kupu-kupu, 200 meter kupu-kupu,200 meter ganti perseorangan,4 ? 200 meter gaya bebas estafet,4?100 meter gaya ganti estafet.Bahkan, empat tahun lalu kelima nomor itu bisa diraihnya dengan medali emas.Alhasil,ini menjadi kesempatan membuktikan performanya dengan mengulang prestasi terbaik.(Inilah.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar