Senin, 23 Juli 2012

OLIMPIADE 2012: London Akan jadi Peak Performance Phelps


VICHY – RENANG INDONESIA - Sepanjang tahun ini bintang renang Amerika Serikat Michael Phelps mengindikasikan tidak terlalu bersemangat jelang London 2012. Menyapu bersih delapan emas di Beijing 2008 dan enam emas di Athena 2004, bagi Phelps rasanya sudah cukup.
  
Merosotnya semangat Phelps terlihat jelas dari kekalahan demi kekalahan yang dia derita pada dua nomor kejuaraan dunia 2011. Yakni 200 meter gaya bebas dan 200 meter gaya ganti perorangan. Sedangkan di ajang penentuan atlet AS di Olimpiade alias US Trials, Phelps juga tak tampil maksimal dengan kalah di 400 meter gaya ganti perorangan.

Hal itu membuat Phelps hanya akan turun pada tujuh nomor di London. Dia tak bisa mengulangi prestasi emasnya di Beijing 2008. Phelps kalah bersaing di 200 meter gaya bebas.

Adalah Ryan Lochte, kompatriotnya di Team USA yang menjadi momok Phelps pada Kejuaraan Dunia dan US Trails. Di London 2012, Phelps kembali akan bertarung melawan Lochte di 200 dan 400 gaya ganti perorangan.
  
Namun, staff pelatih Phelps menegaskan anak asuhnya tidak kehilangan motivasi. Mereka yakin, perenang berjuluk The Baltimore Bullet itu akan mencapai peak performance di London. Phelps saat ini menempa diri dengan keras di Prancis Vichy, Prancis Tengah yang merupakan markas training camp tim AS.

"Dia berlatih dengan sangat baik sejak US Trials. Saya kira dia akan lebih baik ketimbang bulan lalu," ucap Bob Bowman, pelatih Phelps kepada Reuters. "Saya gembira dengan apa yang dia lakukan. Dia meningkat dengan signifikan. Michael berlatih maksimal, lebih dari sebelumnya," imbuhnya.

Pendapat yang sama datang dari Gregg Troy, pelatih timnas AS yang juga pelatih pribadi Lochte. "Michael sangat luar biasa. Dia sangat siap jelang Olimpiade," tandasnya.

Phelps sendiri sadar bahwa persaingan melawan Lochte akan menjadi pertarungan terbesarnya. Apakah Phelps gentar?  "Saya tidak takut kepada siapapun. Hal yang saya takutkan adalah ular dan ketinggian. Ryan jelas bukan ular. Dan saya lebih tinggi dari dia," ucap Phelps.
  
"Saya memiliki target dan saya harap bisa mencapainya. Tidak akan mudah, tetapi jika semua terpenuhi saya akan gembira. Meskipun saya berada di urutan dua atau delapan sekalipun," tegasnya.   

Lochte sendiri sangat santai jelang London 2012. Persaingan dengan Phelps dianggap sebuah kompetisi biasa. "Ada banyak perenang hebat di luar sana. Saya tidak akan khawatir dengan hanya satu orang," tandas peraih dua emas di Beijing 2008 tersebut. (lppn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar