Jumat, 20 Juli 2012

Olimpiade London 2012: Missy Franklin, The Next Michael Phelps?


RENANG INDONESIA - Perenang muda Amerika Serikat, Missy Franklin, menjadi pusat perhatian di Olimpiade London 2012. Pasalnya, Missy menjadi wanita pertama yang akan turun di tujuh nomor lomba dalam satu gelaran Olimpiade.
Missy Franklin bukanlah the next Michael Phelps, Ryan Lochte, atau Natalie Coughlin. Missy Franklin adalah satu-satunya Missy Franklin.
Jadi, siapa sebenarnya Franklin? Perenang berusia 17 tahun itu masuk tim Olimpiade Amerika Serikat setelah finis pertama sekaligus memecahkan rekor nasional di nomor 100m gaya punggung. Ia juga finis kedua di nomor 100 dan 200m gaya bebas.
Fenomena Franklin sebenarnya sudah terlihat sejak menjadi anggota termuda tim renang junior Amerika Serikat di Kejuaraan Pan Pacific, di Omaha, pada 2010. Puncaknya ketika ia berhasil meraih tiga medali emas di Kejuaraan Renang Dunia di Shanghai, pada 2011.
Fakta menarik seputar Missy adalah ia menjadi perenang wanita pertama yang akan turun di tujuh nomor dalam satu gelaran Olimpiade. Ia juga pemegang rekor dunia di nomor 4x100m gaya ganti dan 200m gaya punggung. Prestasi terbaru wanita kelahiran Colorado itu adalah ketika memecahkan rekor nasional milik sang idola, Coughlin, di nomor 100m gaya punggung dengan catatan waktu 58,94 detik pada bulan silam.
Prestasi mentereng membuat Franklin sering dibandingkan dengan perenang yang memegang rekor 16 medali Olimpiade, Michael Phelps. Namun, pelatih kepala tim renang wanita Amerika Serikat, Teri McKeever, ternyata tidak senang dengan perbandingan tersebut.
"Sangat tidak adil membandingkan Missy dengan Michael atau Natalie. Missy baru akan memulai karier di Olimpiade dan mendapat ekspektasi tinggi. Tugas saya sebagai pelatih adalah membantu Missy untuk membuatnya jadi diri sendiri," ujar McKeever seperti dikutip dari Guardian.
Franklin juga mendapat pujian dari Coughlin. Ia menyebut Franklin sebagai perenang yang memiliki talenta tersembunyi.
"Missy adalah perenang hebat. Meski mendapat banyak tekanan, namun saya yakin ia mampu mengatasinya. Kekuatan terbesar Missy adalah ia masih muda, menyukai renang, dan mencintai persaingan. Ia akan mendapat dukungan dari seluruh warga Amerika di Olimpiade nanti," sebut Coughlin.
Mampukah Missy Franklin meraih prestasi seperti Michael Phelps atau Natalie Coughlin? London 2012 yang akan memberikan jawaban.( Oka Akhsan M/bolanews)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar