Minggu, 16 Januari 2011

Logo SEA Games 2011 Diluncurkan

MAJALAH AKUATIK INDONESIA Sebagai bagian dari kesiapan sebagai tuan rumah SEA Games XXVI-2011, SEA Games Orginizing Committee (INASOC) atau panitia penyelenggara meluncurkan logo dan slogan kesiapan penyelenggaraan pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara itu.


Bertempat di Teater Tanah Airku kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (15/1), logo, maskot, dan atribut SEA Games XXVI yang akan diselenggarakan di Palembang, Sumatera Selatan dan DKI Jakarta, 11-25 November 2011 diluncurkan. Panitia pun menyatakan kesiapannya dengan slogan "Indonesia Siap".

Slogan "Indonesia Siap" diluncurkan sebagai keyakinan seluruh panitia penyelenggara, para atlet, dan masyarakat Indonesia siap menyambut dan menyelenggarakan pesta olahraga dua tahunan itu. Di acara peluncuran tersebut, INASOC sekaligus melakukan hitung mundur 300 hari menjelang pelaksanaan SEA Games.

Lambang negara burung Garuda dipakai sebagai logo SEA Games di Indonesia. Logo menampilan tiga warna biru sebagai lambang laut nusantara yang menyatukan perbedaan; hijau sebagai lambang pulau, hutan, dan gunung yang menjadi harmoni yang menyelaraskan perbedaan; serta merah sebagai lambang semangat membara yang tak pernah padam memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

Acara peluncuran itu dihadiri Menpora Andi A Mallarangeng, Ketua Umum KONI Pusat Rita Subowo, Ketua INASOC Rachmat Gobel, dan para duta besar negara-negara sahabat dari Filipina, Malaysia, Myanmar, dan Thailand. Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan perwakilan Pemprov DKI Jakarta juga turut hadir dalam acara peluncuran.

Sementara dari jajaran atlet Indonesia, terlihat Taufik Hidayat, Richard Sambera, Elsa Manora, dan Santia Tri Kusuma yang merupakan atlet-atlet Indonesia yang mengharumkan Indonesia di ajang-ajang multieven seperti Olimpiade, Asian Games ataupun SEA Games.

Ketua Umum KONI Pusat Rita Subowo mengatakan, penyelenggaraan SEA Games XXVI yang merupakan penyelenggaraan keempat di Indonesia menjadi momentum yang baik untuk mengembalikan kejayaan prestasi olahraga Indonesia. "Sekarang menjadi momentum yang tepat bagi kita untuk mengembalikan kejayaan prestasi olahraga Indonesia," ujarnya.

Rita pun mengajak semua pihak bekerja sama untuk mencapai target sukses penyelenggaraan dan sukses sebagai juara umum di SEA Games XXVI.

Sementara Rachmat Gobel meminta dukungan semua pihak untuk mensukseskan SEA Games. Ia menyatakan, tugas mensukseskan SEA Games bukan hanya pada Menpora, KONI, atau INASOC tetapi menjadi tugas semua.  Menpora Andi A Malarangeng menegaskan, Indonesia siap berjuang di ajang SEA Games dan menjadi pemenang.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin menyatakan, Sumatera Selatan siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertandingan bagi 22 dari 43 cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Di antaranya yaitu sepakbola, gulat, senam, angkat besi, atletik, fin swimming, ski air, aquatic, menembak, dan bola voli.

Kesiapan di Jakarta juga disampaikan Kadispora DKI Jakarta Ratiyono. DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertandingan 21 cabang olahraga. Saat ini perbaikan atau renovasi tempat-tempat pertandingan terus dilakukan dan ditargetkan akan selesai sebelum Oktober 2011.

Di acara peluncuran itu, sejumlah artis dan penari meramaikan peluncuran. Pertunjukan tari-tarian yang menggambarkan bumi Sriwijaya, Sumatera Selatan dan lagu khas DKI Jakarta Kicir-Kicir dan Ondel-Ondel meramaikan panggung peluncuran. (kompas.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar