Minggu, 15 Januari 2012

TEKNIK RENANG GAYA DADA

Gaya dada adalah gaya renang tradisional yang paling populer, terutama bagi yang ingin memperoleh kebugaran. Diantara empat gaya, gaya dada paling pelan tapi tidak berarti tidak punya tenaga dan kecepatan.

GAYA DADA UNTUK PEMULA
Tahap 1
Hal yang paling penting dalam gaya dada adalah bagaimana menjaga posisi badan di permukaan air.
Bahu kamu perlu lurus dan pinggul juga harus rata di alam air.
Sekarang, coba gerakan kaki dan lutut kamu seperti katak – biasanya hal ini memang sulit, tapi cobalah terus dengan banyak berlatih.
Gaya dada adalah satu-satunya gaya yg menggunakan gerakan tersebut dan memiliki tingkat kesulitan ketika melakukan gerakan kedua kaki yang sama pada saat yang bersamaan.

Hal-hal yang dapat membantu agar kedua kakimu sinkron adalah:
-          rapatkan lutut kamu dan angkat kaki kamu sampai naik ke atas.
-          putar keluar kaki kamu sehingga kamu dapat mendorong kebelakang dengan telapak kaki.
-          gerakan kaki keluar dan kembali masuk, sampai bertemu kembali.
-          luruskan kaki dengan lutut rapat.
-          kamu dapat mencobanya di tepi kolam dengan kaki menggatung di air.

Alternatifnya kamu dapat menggunakan papan peluncur dengan kaki lurus ke belakang.

Tahap 2
Ambil tarikan panjang diantara setiap tarikan tangan.
Pastikan kamu selalu dapat melihat tanganmu
Mulailah dengan tarik lurus lengan ke depan, tepat dibawah permukaan air.
Lalu tekan kedua tanan keluar dan putar satu putaran penuh, pastikan tangan kamu tetap berada di depan bahu.
Tarik lurus ke depan kembali setelah tarikan tangan selesai.
Lengan dan kaki kamu harus tetap selalu berada dibawah air, jangan membuat percikan air sama sekali.

Tahap 3
Bernafaslah ketika putaran tangan selesai, keluarkan mukamu dari air.
Masukkan kembali muka kamu selagi kamu menarik lengan kamu ke depan untuk memulai putaran berikutnya.

Tahap 4
Tahap terakhir adalah melakukan gerakan tangan dan kaki secara bersamaan:
-          tarik kedua tangan dan bernafaslah.
-          tendang kaki kamu
-          luruskan kaki dengan tubuh kamu di dalam air.
-          ulangi kembali

GAYA DADA UNTUK INTERMEDIATE
Untuk meningkatkan kecepatan didalam air, maka posisi badan dan tenaga memiliki peran penting.

Tahap1
Gaya dada bukanlah gaya yang meluncur lebih kencang, jadi penting untuk selalu mempertahankan posisi badan sepanjang waktu.
Tarik lurus pada setiap akhir putaran, gerakan dan pastikan lengan kamu saling berdekatan, lutut kamu rapat dengan muka berada dalam air.

Tahap2
Untuk latihan gaya dada dengan benar, badan harus terangkat dan jatuh kedepan.
Latihlah mengangkat bahu kamu dan dada selagi tarikan tangan,  sehingga bahu kamu bener-benar berada diatas air.
Kamu juga bisa mengangkat pinggul kamu dan jatuh perlahan selagi kaki menendang kebawah kedalam air dan kaki lurus rata.

Tahap 3
Ketika kaki di tekuk, usahakan lutut kamu tetap dibelakang tubuh kamu, dan jaga telapak kaki agak terpisah seperti kamu mengangkat kaki keatas
Bagian dari gerakan kaki ini disebut recovery karena berupa persiapan kaki untuk menendang lagi.

Tahap 4
Tekuk siku dan jaga agar dekat dengan permukaan air, sebagaimana kamu memulai putaran tarikan.
Lalu selagi kamu menyelesaikan putaran, dekatkan siku ke dada kamu. Ini untuk memastikan tangan kamu menarik menuju ke arah kaki dan membuat tarikan kamu menjadi lebih kuat.
Kini usahakan berenang dengan muka di dalam air. Bernafaslah cepat sebelum kamu mengangkat kepala . Ambillah nafas setiap kali putaran dengan kepala terangkat secara natural dan tangan menarik kebelakang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar