Sabtu, 21 Juli 2012

Renang Jabar Targetkan 16 Emas pada PON XVIII/2012


BANDUNG,.RENANG INDONESIA - Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Jawa Barat menargetkan 16 medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/2012 Jawa Barat.
Meski saat ini venue renang tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, namun, kontingen renang Jawa Barat optimistis bisa meraih target tersebut, mengingat selama ini atlet renang Jawa Barat terus mengasah kemampuan melalui berbagai kejuaraan dan training camp.
“Kolam renang untuk PON nanti memang kurang ideal seperti yang telah ditetapkan standar internasional yang sisi luasnya adalah 50 meter x 25 meter. Namun, kolam di Ria ukuran luasnya saja kurang dari ukuran internasional, sehingga memaksakan jarak per lintasan hanya 2.5 meter dari seharusnya tiga meter,”tutur Sekertaris Umum Pengda PRSI Jabar, Verdia Yosef, di Gedung KONI Jabar, Jumat (20/7).
Meski kolam renang yang digunakan kurang memadai, namun, Yosef mengaku hal tersebut tidak akan menjadi kendala karena atlet renang Jabar sudah terbiasa dengan keadaan ini. Pasalnya, Jabar juga tidak mempunyai sarana yang memadai untuk berlatih.
“Jabar memang tidak mempunyai kolam ideal untuk berlatih, kita saja latihan di tempat wisata air, jadi saya kira anak-anak sudah terbiasa,” kata Yosef.
Sebelumnya Ketua Harian PB PON Syamsurizal, saat melakukan konferensi pers, di Sekertariat PB PON, Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, Sabtu (14/7) lalu mengatakan, mepetnya waktu pelaksanaan serta proses tender membuat renovasi kolam renang yang ada saat ini tidak memungkinkan, karena waktu untuk renovasi tidak akan mencukupi.
Solusinya untuk cabang olah raga renang nantinya akan menggunakan dua tempat yaitu di kolam renang Rumbai Sports Center dan satu lagi di kolam yang saat ini masih dalam tahap penjajakan, sehingga diharapkan pertandingan bisa berlangsung sebagaimana mestinya.
“Untuk venue renang di Rumbai memang telah selesai sejak tahun lalu, sehingga saat peraturan mengenai ukuran kolam yang baru belum bisa dilakukan karena terkendala waktu. Namun, saat ditinjau oleh technical delegate, ukuran kolam masih memenuhi syarat untuk PON nanti,”tutur Syamsurizal.
Pada PON XVII/2008 Kalimantan Timur, renang Jawa Barat meraih 8 medali emas. Perolehan tersebut sekaligus menempatkan Jabar sebagai salah satu cabor penyumbang emas terbesar. (PRLM)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar