Kamis, 19 Juli 2012

Persiapan Siman Menuju Olimpiade Kian Matang


JAKARTA, RENANG INDONESIA — Walaupun keberangkatannya sempat menuai perdebatan, I Gede Siman Sudartawa kian mantap menuju Olimpiade London 2012. Pria yang akan turun pada nomor renang gaya punggung 100 meter putra ini terus berlatih guna memperbaiki catatan waktu miliknya.
"Persiapan Siman sudah memasuki tahap akhir, di mana hanya tinggal memperkuat power saja," ujar Albert C Susanto, pelatih dari Siman, ketika ditemui saat latihan persiapan Olimpiade London 2012 di Kolam Renang Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (18/7/2012).

Menurut dia, Siman harus terus mengasah catatan waktu miliknya agar dapat masuk ke semifinal atau 16 besar pada pesta olahraga multievent paling akbar di dunia tersebut.

"Sabtu ini ada broken yang akan jadi tolak ukur hasil latihan untuk melihat catatan waktu terkini," ujar Siman saat ditemui di tempat yang sama.
Ia berharap sprint yang akan dilakukan saat broken nanti dapat menyentuh angka 54,70 detik. Rekor pribadi pria asal Bali ini sebelumnya ada pada angka 55,32 detik.

Broken adalah simulasi latihan dengan melakukan sprint seperti saat pertandingan agar dapat melihat catatan waktu terkini.

Siman lolos ke olimpiade karena mampu menembus limit B standarisasi mengikuti olimpiade, meskipun peringkat dunia miliknya tidak memenuhi syarat (peringkat 17 dunia). Namun, Siman lolos ke olimpiade bukan karena wildcard, melainkan murni karena prestasi.

Sebelumnya pada ajang SEA Games 2011 di Palembang, Indonesia, pria 17 tahun ini berhasil meraih empat medali emas. Dirinya juga memecahkan dua rekor pada SEA Games lalu, yaitu pada nomor 100 meter gaya punggung dan pada nomor 4 x 100 meter estafet gaya ganti beregu. (KOMPAS.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar