Rabu, 25 Juli 2012

Perenang Australia Dilarang Menggunakan Pil Tidur


SYDNEY, RENANG INDONESIA - Para perenang Australia yang akan terjun di Olimpiade London 2012 dilarang menggunakan pil tidur, menyusul pengakuan mantan perenang Grant Hackett bahwa dia tergantung pada pil tidur ketika masih aktif.
Ketua Komite Olimpiade Australia John Coates mengatakan hari Selasa (3/7/2012). pil tidur seperti Stilnox akan dilarang digunakan untuk pertama kalinya di London. AOC hari Senin memutuskan  untuk memperbaiki petunjuk medis mereka di Olimpiade, dengan menulis bahwa "AOC tidak lagi mendukung dan malah melarang penggunaan Stilnox oleh para atlet mereka.
Di Amerika Utara, obat ini dikenal dengan nama Ambien. Menurut Coates, para dokter tim sudah diberitahu soal perubahan tersebut yang juga menekankan paDa tingginya pemakaian caffeine untuk meningkatkan prestasi atlet. "Kami khawatir dengan dampak aksi reaksi di kalangan para atlet, yang menggunakan caffeine untuk meningkatkan prestasi namun kemudian memerlukan obat-obatan seperti Stilnox untuk bisa tidur." kata Coates kepada para wartawan di Sydney."Kami melakukan ini karena kewajiban utama kami adalah melindungi para atlet." demikian dilaporkan oleh situs smh.com.au.
Para ofisial tim Australia akan diberi kuasa memeriksa perlengkapan para atlet bila memang ada yang dicurigai menggunakan pil tidur dan mereka akan terkena hukuman seperti pemulangan lebih cepat ke Australia atau hukuman lain.
Menurut Coates, perubahan ini dilakukan menyusul pengakuan dari Hacket, yang pernah merebut dua medali emas Olimpiade di nomor 1.500 m gaya bebas, bahwa di akhir karirnya sebagai perenang, dia sangat tergantung pada Stilnox, yang pada awalnya diberikan oleh dokter tim.
Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L. Sastra Wijaya, Hackett menjadi sumber pemberitaan media di Australia baru-baru ini setelah dia mabuk-mabukan di rumahnya dan perceraian dengan istrinya Candice Alley karena hal tersebut. Menurut Coates, Hackett menjelaskan kepadanya bahwa dia pertama kali menggunakan Stilnox di kejuaraan dunia renang di Barcelona 2003, dan kemudian para perenang lain diberi obat serupa di Olimpiade Athena 2004.
Tim renang Australia kemudian tidak lagi menggunakan pil tidur ini di tahun 2007 setelah mereka menemukan efek buruk seperti berjalan atau mengendarai mobil ketika tidur. Hackett dilaporkan secara pribadi tetap menggunakan obat ini di Olimpiade Beijing 2008, tetapi ternyata para perenang lain juga bersikap serupa.
Hackett tidak lagi menggunakan Stilnox setelah dia pensiun dari renang pasca Olimpiade Beijing dimana dia merebut medali perak di nomor 1.500 m. Mantan pelatih Hackett, Dennis Cotterell mengatakan pemakaianStilnox oleh Hackett menjadi sebab dia tidak merebut medali emas di Beijing, karena adanya laporan dia tidur sambil berjalan di perkampungan Olimpiade, dan juga jatuh di dalam pesawat karena menggunakan obat tersebut.
"Dia tidak bisa tidur sehingga dia memakai Stilnox untuk menenangkan diri. Saya yakin sekali ini menjadi sebab dia tidak fokus di final 1.500 m di Beijing. Saya yakin sekali." kata Cotterell kepada harian The Australian.  (KOMPAS.com) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar