Minggu, 29 Juli 2012

Banding Diterima, Park Tae-hwan Bisa Bertarung Lagi


LONDON, RENANG INDONESIA - Juara Olimpiade asal Korea Selatan Park Tae-hwan merasa plong. Ia dinyatakan bisa bertarung lagi pada nomor gaya bebas 400 meter cabang renang Olimpiade London 2012 setelah langkah bandingnya atas keputusan diskualifikasi karena gagal start dikabulkan Federasi Renang Amatir Internasional (FINA), Sabtu (28/07/2012).
Direktur Eksekutif FINA Cornel Marculescu mengungkapkan kapada Associated Press, keputusan tersebut diambil FINA setelah menganalisis rekaman video. "Saya bisa mengonfirmasi bahwa Park bisa diikutkan lagi untuk nomor 400 meter gaya bebas," katanya.
Park mencatat waktu 3 menit 46,68 detik, yang meloloskannya di peringkat keempat. Namun, ia didiskualifikasi karena dinilai gagal dalam start. Keputusan diskualifikasi itu mengejutkan Park.
"Saya tidak tahu apa alasannya. Saya harus berbicara dengan pelatih untuk mencari tahu alasannya," kata Park setelah didiskualifikasi.
Ofisial Korea Selatan mengajukan protes pada Komite Teknik FINA, tetapi ditolak dan keputusan diskualifikasi tetap berlaku. Setelah itu, mereka mengajukan banding pada Majelis Banding, yang ternyata mengabulkan protes kubu Korea Selatan dan menyatakan Park bisa kembali berlaga.
Dengan bisa tampilnya Park, praktis posisi Ryan Cochrane (Kanada) untuk berlaga dibatalkan. Marculescu tidak bisa menjelaskan, mengapa hakim di arena renang mendiskualifikasi Park. "Itu pertanyaan sangat bagus. Mungkin, itu karena kesalahan (human error)," katanya. (KOMPAS.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar