Kamis, 12 Juli 2012

Olimpiade London 2012: Kesiapan I Gde Siman Tanda Tanya


JAKARTA, RENANG INDONESIA-Kesiapan mental I Gde Siman Sudartawa dalam menghadapi Olimpiade London 2012, 27 Juli-12 Agustus mendatang masih tanda tanya. Pasalnya, Olimpiade ini merupakan yang pertama bagi perenang berusia 18 tahun tersebut.
"Saya hanya takut dia terlena dengan kondisi disana, hingga bisa hilang fokus. Hal ini soalnya pernah terjadi dengan saya ketika ikut dalam Olimpiade Sydney 2000 lalu," kata Pelatih Renang Indonesia Albert C. Susanto di Kantor KOI, FX KOI Tower, Senayan, Jakarta, Selasa (10/7).
Untuk mengatasi hal tersebut, Albert pun mengaku terus membimbing Siman dengan cara berbagi pengalamannya saat Olimpiade dulu.
Selama masa persiapan ini, menurut dia, dirinya masih terus memperbaiki kekurangan Siman, terutama pada daya tahan tubuh bawahnya, dengan memberikan latihan secara bertahap karena kondisi kaki Siman yang agak lemah. "Jika saya berikan latihan untuk menguatkan agak kencang sedikit, lututnya malah menjadi nyeri. Makanya saya bertahap, tidak bisa mengebut,"kata Albert kemudian.
Seharusnya, lonjakan kekuatan kaki Siman yang ingin dicapai dalam enam bulan ini bisa menaik hingga 30 persen. Namun, saat ini lonjakannya baru mencapai 12 persen. "Jika dia (Siman) terus on track, pasti dia bisa mengatasinya. Selama ini dia tekun dan menurut, tidak sulit jadi untuk melatihnya," tuturnya menambahkan. (PRLM)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar