Jumat, 06 Juli 2012

POPDA Jabar 2012: Kota Bandung Dominasi Perolehan Medali Renang


BANDUNG, RENANG INDONESIA.- Kota Bandung tampil medominasi perolehan medali pada cabang olah raga renang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Jawa Barat Tahun 2012, yang berlangsung di Kolam Renang Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jln. Setiabudi, Bandung, Rabu (4/7/12).
Pada hari pertama pelaksanaan cabor ini, Kota Bandung sukses meraih 9 medali emas, 4 medali perak, dan 1 medali perunggu. Sementara peringkat kedua diraih Kota Cirebon dengan 2 emas, 2 perak, dan 3 perunggu.
Peringkat ketiga pada klasemen sementara ditempati oleh Kota Tasikmalaya dengan 2 emas, 2 perak, dan 1 perunggu, sedangkan Kota Bogor harus puas berada pada peringkat keempat dengan 1 emas, 1 perak, dan 2 perunggu, diikuti Kabupaten Bandung Barat yang berada pada peringkat kelima dengan 1 emas dan 1 perak.
Hal yang sama juga turut diraih pada cabang olah raga karate yang berlangsung di GOR PDAM, Jln. Badaksinga, Bandung. Pada cabor ini Kota Bandung meraih 4 emas, 2 perak, dan 2 perunggu.
Empat medali emas untuk Kota Bandung diraih oleh Dinan yang bertarung pada nomor kumite -55 Kg putra, Yuli pada nomor kumite – 53 Kg putri, Aldy Soni pada nomor -61 kg putra, dan satu medali emas lainnya diraih pada nomor kata beregu putri.
Peringkat kedua ditempati Kabupaten Bandung yang meraih 2 emas, 2 perak, dan 2 perunggu. Diikuti Kota Bekasi dengan 1 emas, 1 perak, dan 2 perunggu, dan peringkat ketiga diraih Kabupaten Bekasi dengan satu medali emas.
Hasil positif lainnya yang diraih tim voli putra dan putri Kota Bandung yang meraih kemenangan pada laga perdananya. Tim putra Kota Bandung menang telak atas Subang 3-0 (25-17, 25-13, 25-17), sedangkan tim putri Kota Bandung mengalahkan Cimahi juga dengan skor telak 3-0 (25-21, 25-20, 25-18).
Pada pertandingan selanjutnya, putri Kota Bandung akan menghadapi Kota Cirebon. Sementara tim putra akan berhadapan dengan Indramayu, pada pertandingan yang akan berlangsung di GOR Pajajaran, Bandung , Kamis (5/7/12).
Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, seusai membuka Pekan Olahraga Pelajar Daerah Jawa Barat, di GOR Pajajaran mengatakan, even Popda ini merupakan salah satu kegiatan untuk pecarian bibit-bibit atlet yang nantinya bisa mengharumkan nama daerah.
"Popda merupakan cikal bakal pembibitan atlet. Sebab untuk menciptakan atlet berprestasi, tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat atau langsung dari atlet dewasa," katanya.
Heryawan menambahkan untuk mencetak atlet berprestasi, para atlet yang berpotensi ini akan di didik lebih lanjut, salah satunya melalui program Pusat Pendidikan Latihan dan Pelajar (PPLP) yang diadakan oleh Disorda.
Selain pencarian bibit –bibit atlet, POPDA ini juga dijadikan sebagai tolok ukur sejauh mana perkembangan pembinaan di daerah-daerah, sehingga nantinya para calon atlet ini mampu bersaing dengan daerah-daerah lain."Pemerintah juga akan mengapresiasi para atlet berprestasi dengan memberikan beasiswa dan lainnya," kata Heryawan.
Sementara itu Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadisorda) Jawa Barat, Otji S. Wiharjadi mengatakan, pada POPDA kali ini diikuti oleh sebanyak 2.500 atlet dari 26 kota dan kabupaten di Jawa Barat. (pikiran rakyat)
Dia menambahkan POPDA tahun ini merupakan yang kedua kalinya diadakan Disorda, sebab sebelumnya yang menyelenggarakan even ini adalah Dinas Pendidikan. Dibandingkan tahun sebelumnya, Otji mengaku Popda tahun ini ada peningkatan baik dari jumlah peserta maupun cabor yang dipertandingkan.
“Kali ini jumlah cabor yang dipertandingkan ada 17, atau menambah satu yaitu judo. Untuk venue kita bagi ke beberapa tempat seperti di area GOR Pajajaran, UPI, sampai di Cipule untuk cabang olah raga dayung,” kata Otji.
Dia berharap dengan diselenggarakan POPDA diharapkan muncul atlet-atlet berpotensi untuk memperkuat Jabar dalam Popwilnas yang rencananya di gelar di Lampung, pada November 2012. Pada Popwilnas, Jawa Barat menargetkan menjadi juara umum

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar