Selasa, 03 Juli 2012

Piala Gubernur DKI: Rekor Biondi Tumbang


JAKARTA- RENANG INDONESIA - Delapan tahun rekor 50 meter gaya punggung milik Nicko Biondi bertahan, akhirnya berhasil dipecahkan. Perenang Ilham Achmad Turmudzi asal klub Pyramid Swimming Club memecahkan rekor kelompok umur nasional KU II/I senior putra setelah membukukan catatan waktu 31.07 detik pada Kejuaraan Renang Terbuka Kelompok Umur, Piala Gubernur DKI Jakarta 2012.
Pada lomba yang digelar di Kolam Renang Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (30/6), perenang muda berusia 13 tahun yang mengalami keterbatasan (Tuna Rungu Wicara) memecahkan rekor Biondi yang diciptakan di Jakarta pada 2004 silam, yakni 31.44 detik.
Orangtua Ilham, Turmudzi, menyatakan sangat bangga dengan prestasi yang ditorehkan putranya pada kejuaraan renang Piala Gubernur kali ini. Menurutnya, Ilham adalah sosok luar biasa, yang tidak mudah menyerah, serta memiliki kepercayaan diri yang tinggi.
"Kalau untuk prestasi, boleh dibilang sudah banyak, bahkan sudah mengoleksi lebih dari seratus medali. Setelah ini, besok (hari ini), dia akan berangkat ke Surabaya untuk mengikuti ASEAN School Games di sana," urainya.
"Melihat bakat dan kemampuannya yang luar biasa ini, saya sebagai orangtua berharap Ilham bisa menjadi perenang dunia, dan suatu ketika bisa tampil di Olimpiade, itu impian saya terhadapnya," lanjut Turmudzi.
Sementara itu, klub renang Millenium Aquatic berhasil meraih juara umum dengan meraih 30 medali emas, 28 perak, dan 20 perunggu. Di tempat kedua dihuni oleh Parisakti, yang merebut 18 emas, 17 perak, dan 10 perunggu. Sedangkan Cucut menempati peringkat ketiga, dengan 14 emas, 16 perak, dan 13 perunggu. Dan, Indonesia Star Aquatic harus puas di posisi keempat dengan 13 emas, 5 perak, dan 8 perunggu.
"Kami berharap, di tahun mendatang, peserta pada Kejuaraan Renang Terbuka Kelompok Umur, Piala Gubernur, akan mengalami peningkatan, baik dari segi kuantitas maupun kualitas, sehingga bisa menjadi ajang pembinaan dan pembibitan atlet muda berbakat di cabang renang," tutur Ketua Pengprov PRSI DKI Jakarta Lukman Niode.
Kejuaraan renang yang berlangsung selama tiga hari tersebut melibatkan 562 perenang dari 36 klub yang berasal dari 12 provinsi. "Saya tidak menduga begitu antusias peserta. Jumlah ini sudah separuh dari peserta Kejuaraan Renang Antarperkumpulan Seluruh Indonesia (KRAPSI)," ujarnya. (Suara Karya)



Kejuaraan Renang Gubernur Cup 2012
Kolam Renang GBK Senayan Jakarta
28-30 Juni

Perenang Terbaik
KU V: FAIZAL DEWANTARA/AISHA
KU IV; AGUNG PRATAMA./LAILA SITI AMINA
KU III; ALVIN PURMANDHA/ERIKA THIO
KU II: ILHAM ACHMAD/MARATUS SOLEHAH
KU I/SENIOR: HUNTUR PRATAMA/PATRICIA YOSITA HAPSARI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar