Selasa, 15 Mei 2012

Glenn Victor Harus Kejar 1,29 Detik


Glenn Victor

JAKARTA, - RENANG INDONESIA - Tim nasional renang menerapkan  latihan berbeda bagi keempat atlet yang sudah lolos limit B agar dapat lolos limit A olimpiade. Perenang senior Glenn Victor Sutanto menjadi andalan Indonesia untuk lolos dari limit A, karena catatan waktu terakhirnya hanya terpaut 1,29 detik batas waktu yang ditentukan itu.
"Catatan waktu Glenn di Malaysia Terbuka awal Mei lalu adalah 53,65 detik, di nomor 100 meter gaya kupu-kupu. Catatan waktu itu terpaut 1,29 detik dari limit A olimpiade, 52,36 detik," kata Hartadi Nurtjojo, kepala pelatih timnas renang Indonesia, Selasa (15/5/2012) di Jakarta.
Selain Glenn, tiga perenang yang sudah lolos limit B olimpiade dan harus berjuang untuk lolos dari limit A adalah I Gede Siman Sudartawa (100 dan 200 meter gaya punggung), Triadi Fauzi (200 meter gaya kupu-kupu), dan Indra Gunawan (100 meter gaya dada).
Menurut Hartadi, evaluasi dari beberapa kejuaraan yang diikuti menunjukkan, setiap perenang mempunyai kelemahan yang harus dihilangkan dengan latihan intensif sebelum Kejuaraan Renang Asia Tenggara, pertengahan Juni nanti. Kejuaraan itu menjadi ajang terakhir untuk lolos dari limit A olimpiade.
Glenn, misalnya, masih lemah dalam pembalikan dan pemulihan yang agak lama. Siman masih lemah dalam ketahanan dan semangatnya harus dibangkitkan lagi seperti saat SEA Games. Triadi harus mengembalikan kekuatan fisik. Indra ketahanannya  harus ditingkatkan dan gerakan kakinya harus disesuaikan dengan irama gaya dada.
"Secara umum, kami melakukan latihan renang di pagi dan sore hari selama masing-masing dua jam. Latihan fisik juga diberikan empat kali seminggu. Latihan bagi setiap perenang berbeda, disesuaikan kebutuhan masing-masing," tutur Hartadi.
Berdasarkan data, catatan waktu Triadi di Malaysia Terbuka masih terpaut 5,14 detik dari limit A. Siman terpaut 2,01 detik di nomor 100 meter dan 7,71 detik di nomor 200 meter gaya punggung. Sedangkan, Indra terpaut 3,5 detik dari limit A. Dengan waktu latihan yang tersisa, agak sulit bagi mereka bertiga untuk lolos dari limit A. (KOMPAS.com) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar