Kamis, 13 Desember 2012

INDRA GUNAWAN Dari Istanbul Kembali ke Hongaria


SEMARANG - RENANG INDONESIA= Usai mengikuti kejuaraan dunia renang di Istambul, Turki, 12-14 Desember ini, Indra Gunawan tidak akan langsung kembali ke Tanah Air. Perenang andalan gaya dada Indonesia asal Sumatera Utara ini kembali ke Hongaria untuk melanjutkan latihan dalam rangka persiapan menghadapi SEA Games Myanmar 2013.
Bagi Indra, Hongaria memang bukan lagi tempat yang asing. Pasalnya, perenang berjuluk "Kodok Gila" itu sudah beberapa kali menimba ilmu di Hongaria sejak tahun 2010. Sebelumnya, Indra, yang kelahiran Pematang Siantar, ini berlatih di Seremban, Malaysia, ditangani pelatih dari Rusia, Galina Liadova.
Indra memilih Hongaria dengan tujuan untuk menambah wawasan dan ilmu renang. Sebab, menurutnya, Hongaria selama ini juga dikenal banyak melahirkan perenang-perenang terbaik di dunia.
Pelatih renang Pelatnas Hartadi Nurjojo menjelaskan, latihan Indra di Hongaria kali ini untuk untuk persiapan tampil pada SEA Games 2013 Myanmar. Hanya Indra satu-satunya perenang Pelatnas yang berlatih di Hongaria. Perenang Pelatnas lain akan menjalani latihan di Perth, Australia.
"Mereka berlatih di sana sekitar 10 hingga 11 bulan sampai menjelang pelaksanaan pesta olahraga multievent antarnegara Asia Tenggara di Myanmar, yang diperkirakan berlangsung pada Desember 2013," katanya.
Hartadi, yang juga Ketua Harian Pengprov PRSI Jawa Tengah tersebut, mengatakan, mereka yang menjalani latihan di luar negeri memang yang diutamakan adalah perenang yang diproyeksikan meraih medali emas di SEA Games mendatang.
Bahkan, menurut dia, sekarang ada beberapa perenang, seperti Indra Gunawan, Raina Saumi, Monaliza, dan lain sebagainya, sedang mengikuti kejuaraan dunia di Istambul, Turki. Usai kejuaraan dunia di Istambul tersebut, lanjut dia, semua perenang akan kembali ke Tanah Air untuk membela klubnya masing-masing pada Kejuaraan Renang Antar-Perkumpulan Se-Indonesia (KRAPSI) di Bandung, 27-30 Desember.
"Kalau Indra Gunawan tidak ikut karena dari Turki langsung kembali menjalani latihan di Hongaria," katanya.
Menurut dia, kejuaraan dunia di Istambul ini termasuk rangkaian kegiatan uji coba perenang pelatnas. "Tetapi, yang utama adalah beberapa event uji coba pada 2013," katanya.
Dia menambahkan, ajang uji coba bagi perenang pelatnas untuk kelompok utama, yaitu kejuaraan renang "44th Singapore National AG 2013" pada Maret, kemudian "55th Malaysia Open 2013" pada Mei mendatang, kejurnas renang Indonesia pada Mei, dan "ASEAN AG SC 2013" di Brunei Darussalam pada Juni. Kemudian, kejuaraan renang "15th FINA World Swimming Championships 2013" di Barcelona, Spanyol, pada akhir Juli hingga awal Agustus, serta "9th Hong Kong International Open Swimming 2013" pada September.
Dia menambahkan, sebanyak 34 perenang dari berbagai daerah masuk pelatnas tahap pertama untuk persiapan tampil pada SEA Games 2013 Myanmar. Dari jumlah tersebut, lanjut dia, terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok utama yang diprediksi bisa meraih medali emas sebanyak tujuh perenang dan kelompok muda sebanyak 27 perenang.
Mereka yang masuk kelompok utama adalah Triadi Fauzi dan Glenn Victor (Jawa Barat), Gede Siman Sudartawa (Riau), Indra Gunawan (Sumatera Utara) untuk putra, sedangkan putri adalah Raina Saumi, Yessy Yosaputra, dan Monaliza (Jabar). (Suara Karya): 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar