Selasa, 11 Desember 2012

Ian Thorpe Raih Medali HAM Australia 2012


CANBERRA, RENANG INDONESIA — Mantan perenang juara olimpiade, Ian Thorpe, ditetapkan sebagai penerima medali Hak Asasi Manusia (HAM) Australia 2012 karena kegiatan amalnya untuk anak-anak aborigin.     
Dalam penjelasannya, Komisi HAM Australia mengatakan, Thorpe sudah selama lebih dari 10 tahun terakhir menjadi "pegiat antusias dalam memajukan masyarakat aborigin".
Menurut laporan televisi ABC, Selasa (11/12/2012), yayasan amal Thorpe, Fountain of Youth, membantu anak-anak aborigin di sekitar 20 komunitas di Northern Terriroty dengan fokus kesehatan dan pendidikan.
Yayasan itu memang bertujuan untuk mengatasi apa yang mereka sebut "krisis kemanusiaan di halaman belakang rumah kita sendiri".
Dalam pesan yang direkam, Thorpe mengatakan dia merasa "bangga dan terharu" bisa mendapatkan penghargaan tersebut. Thorpe mengatakan, dia ingin mendedikasikan penghargaan itu kepada para pekerja sosial di komunitas terpencil.
"Saya bisa mengangkat masalah yang dihadapi masyarakat aborigin, kesulitan yang mereka hadapi, dan juga keberhasilan yang mereka capai," kata Thorpe.
Thorpe mengatakan, ketika dia pertama kali mengunjungi komunitas aborigin di daerah Katherine, dia terkejut dengan buruknya fasilitas untuk mereka.
Dia menambahkan bahwa komunitas aborigin di daerah terpencil di Australia sangat memerlukan jasa pelayanan kesehatan dan pendidikan.
Ian Thorpe juga terlibat dalam kegiatan kampanye Close The Gape, yang dimaksudkan untuk meningkatkan taraf hidup penduduk aborigin dan Torres Straight Islander.
Menurut Ketua Komnas HAM Australia Profesor Gillian Triggs, juri memilih Thorpe karena dedikasinya untuk membantu memperbaiki kehidupan anak-anak aborigin.
"Thorpe lebih dari sekadar seorang juara olimpiade yang sukses. Dia juga menunjukkan komitmen besar guna memastikan anak-anak aborigin mendapatkan kesempatan merealisasikan potensi mereka," tutur Triggs.
Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L Sastra Wijaya, Thorpe juga menjadi bahan pemberitaan baru-baru ini setelah dia menerbitkan buku otobiografinya. Ia mengaku pernah mengalami depresi berat ketika menjadi atlet.
Semasa jayanya di kolam renang, Thorpe merebut tiga medali emas di Olimpiade Sydney tahun 2000 dan dua medali emas di Olimpiade Athena 2004.(kompas.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar