Rabu, 12 September 2012

Sebanyak 4.874 Atlet Berlaga di PON XVIII Riau


JAKARTA- Sebanyak 4.874 atlet yang terdiri atas 2.944 putra dan 1.830 putri akan berlaga pada PON ke XVIII Riau 9-20 September 2012. Mereka akan memperebutkan 601 medali emas, 601 medali perak dan 798 medali perunggu dari 39 cabang olah raga dengan 611 nomor pertandingan.
Dibandingkan dengan PON Kalimantan Timur 2008 lalu, jumlah cabang olah raga yang dipertandingkan pada PON ke XVIII ini menciut, dari 43 cabor menjadi hanya 39 cabor saja. Empat cabor terpaksa dihilangkan yakni berkuda, hoki, drum band, dan dansa, karena kendala venue pertandingan serta ada beberapa yang dianggap tidak sejalan dengan norma-norma masyarakat Melayu.
Cabang-cabang olah raga yang terdiri dari 55 disiplin tersebut yakni aquatic yang terdiri dari renang, renang indah, loncat indah dan polo air. Lalu ada anggar, angkat besi, angkat berat, binaraga, atletik, balap sepeda, sofbal, bisbol, bola basket, biliar, judo, gulat, golf, dayung (canoeing, rowing, dan perahu naga), catur, bulutangkis, bowling, karate, layar, menembak, panahan, dan pencak silat.
Kemudian ada selam (mono fin dan oba fin), senam (ritmik, artistik, dan aerobik), sepak nola, futsal, squash, sepak takraw, taekwondo, tenis, tenis meja, tinju, bola voli indoor, voli pantai, wushu, dan aerosport/dirgantara (aeromodelin, gantole, terbang layang, terjun payung), bermotor, kempo, bridge, panjat tebing, sepatu roda, ski air, serta tarung derajat.
Pelaksanaan pertandingan ke-39 cabor ini nantinya digelar pada 40 venue yang tersebar di 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau. Ke-10 kabupaten/kota tersebut yakni Pekanbaru, Kampar, Rokan Hulu, Pelalawan, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi, Bengkalis, Dumai, Siak, Indragiri Hilir.
Pekanbaru menjadi tuan rumah dengan jumlah venue terbanyak dengan 20 venue untuk cabor sepak bola, anggar, taekwondo, senam, bridge, biliar, catur, sofbol, bisbol, renang, loncat indah, atletik, panjat tebing, panahan, menembak, polo air, renang indah, bola voli indoor, wushu, gulat, judo, angkat besi, angkat berat, binaraga, karate, dan tenis. Sementara cabor lain yang tersisa, pelaksanaannya tersebar di 9 kabupaten/kota lainnya.
Kendati pertandingan PON baru akan dimulai secara resmi pada 9 September mendatang, aeromodeling, sepak bola dan futsal sejak Minggu (2/8) sudah memulai babak penyisihan. Lalu disusul oleh polo air, bola basket, bulutangkis, canoeing, tenis, dan bridge yang akan memulai pertandingan pada 5 September nanti.
Jika melihat persaingan dari cabor yang dipertandingkan, cabang favorit seperti sepak bola, renang, dan atletik masih dikuasai oleh tiga daerah yakni Jawa Timur, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. Hal itu bisa dilihat dari raupan medali yang dihasilkan ketiga daerah tersebut pada saat PON Kaltim lalu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar