Minggu, 09 September 2012

PON 2012: Renang Berpeluang Sumbang Emas Sumbar


Pekanbaru, RENANG INDONESIA—Sum­bar memiliki harapan besar untuk meraih emas pertama pada PON XVIII Riau 2012. Harapan itu tersandar pada rekungkuhan tangan perenang handal Patricia Yosita Hapsari. Dia akan turun pada dua no­mor sekaligus, yakni 100 meter gaya bebas putri dan 200 me­ter gaya ganti perorangan putri di kolam renang Aquatic, Rum­bai, Pekanbaru, hari ini.

Dua nomor tersebut meru­pakan nomor andalan Sumbar dari kolam renang. Sejak awal, KONI Sumbar pun telah me­nargetkan untuk mendapat minimal satu medali emas dari dua nomor itu. Untuk itu, Yosita pun dikirim berlatih secara khusus dengan mantan perenang nasional Felix C Sutanto di Jakarta.

Kepada Padang Ekspres, ke­marin (8/9), Sekretaris Umum Pengprov PRSI Sum­bar Astronel menyatakan opti­mistinya, Yosita mampu me­rea­lisasikan satu medali emas. Padahal pada nomor tersebut Yosita meski bersaing dengan sejumlah atlet nasional. Misal­nya perenang Jawa Timur Eny Susilawati pada nomor 100 meter gaya bebas dan Resa Kania Dewi (Jawa Barat) pada nomor 200 meter gaya ganti perorangan putri.

“Memang dua perenang itu adalah saingan terberat Yosita. Tapi dari hasil pertandingan terakhir pada Singapura Open, sekitar sebulan jelang PON, Yosita mampu mengungguli keduanya,” ujar Astronel.

Di sana, Yosita mampu mendekati catatan waktu ter­baik yang pernah diraih Enny Susilawati dan kini masih bertahan sebagai rekor nasio­nal. Dia mencatat waktu 57,76 detik. Padahal pada Singapura Open tersebut mencatat waktu 57,86 detik.  Pada nomor 200 meter gaya ganti perorangan, Yosita bahkan mampu menga­lah­­kan perenang yang saat ini ma­sih tercatat sebagai peme­ga­ng rekor nasiona pada no­mor tersebut, yakni Fibriani R Ma­rita. Menurut Felix dari dua nomor yang diikuti Yosita tersebut peluang terberatnya ada pada nomor 100 meter gaya bebas putri. Tapi dia ya­kin, anak asuhnya akan mam­pu berbicara banyak karena perkembangan pesat yang didapatkannya sepanjang ma­sa persiapan.

“Dari hasil Singapura Open, raihan catan waktunya meningkat hampir seratus persen dari yang sebelumnya. Dan saya berharap dia men­dapatkan pic performance-nya pada laga nanti,” tutur Felix.

Dihubungi terpisah, Yosita menyatakan diri dia dalam kon­disi siap tempur. “Doakan sa­ya berhasil, saya akan beru­saha sekuat tenaga. Mudah-mudahan saya bisa membayar kepercaya­an yang sudah dibe­rikan masya­rakat Sumbar,” tukasnya.

Namun tetap saja Yosita harus mampu lolos dari ba­bak penyisihan pagi ini, dan ber­main di final sore ha­rinya. Selain Yosita, Harizal dan Alfred juga turun di nomor 200 meter gaya pungunggung. (Padang Ekspres)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar