Senin, 22 Oktober 2012

1.800 Perenang Nekat Menembus Pelabuhan Hongkong


HONGKONG, RENANG INDONESIA -- Sekitar 1.800 perenang berani atau perenang nekat, Minggu (21/10/2012), berenang melintasi laut di depan Pelabuhan Hongkong, salah satu pelabuhan yang terkenal sibuk di dunia dan juga lalu lintas kapal yang padat.
Kantor berita AFP melaporkan, para perenang pemberani berusia antara 12 tahun hingga 78 tahun ambil bagian dalam menembus jarak lintasan laut sejauh 1,5 kilometer di depan Victoria Harbour. Lomba renang ini dibuka kembali tahun lalu setelah 33 tahun dihentikan.
Para perenang melintas dari lokasi di sisi timur semenanjung Kowloon dan Pulau Hongkong, dengan latar belakang gedung pencakar langit Hongkong. Mereka melintasi jalur feri dan kapal kargo yang banyak lalu-lalang di sana.
Pemenang tahun lalu, Ling Tin-yu (19), kali ini mengulangi prestasinya dengan berenang selama 16 menit dan 57 detik. Tak dirinci hadiah uang yang diperoleh Ling.
"Selama lebih dari 70 tahun, lomba melintasi Pelabuhan Hongkong merupakan sebuah acara yang diselenggarakan secara meriah," ujar pihak panitia dari Asosiasi Perenang Amatir Hongkong.
Lomba renang ini sudah berlangsung sejak tahun 1906 dan selalu menarik ribuan perenang dan ratusan ribu penonton. Namun, acara ini dihentikan sejak tahun 1978 karena kondisi laut yang kotor. Namun, tahun lalu acara lomba renang ini dibuka kembali dan sejauh ini tidak ada keberatan dari 1.000 peserta renang soal air laut yang tercemar.
Hongkong merupakan salah satu pelabuhan tersibuk didunia dengan lebih dari 425.00 kapal barang datang dan pergi pada tahun 2010. (kompas.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar