Rabu, 20 Juni 2012

PRSI Gelar Kej Renang Antar Pelajar


PONTIANAK—RENANG INDONESIA-Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Pontianak bekerjasama dengan Dispora Kota Pontianak akan menggelar Kejuaraan Renang antar Pelajar se Kota Pontianak. Ajang tersebut akan digulirkan pada 21-22 Juni mendatang di Kolam Renang Oevang Oeray. “Kejuaraan ini kita peruntukan untuk para pelajar kota ini. Juga sebagai sosialiasi kepada para pelajar untuk menjaring atlet-atlet renang berbakat dari kalangan pelajar,” ungkap Ketua Umum PRSI Kota Pontianak Ir Edi Rusdi Kamtono MM, didampingi Sekretrais PRSI Kota Pontianak Yusnaldi Sip MSi kepada Pontianak Post kemarin.
Menurutnya, banyak kelas yang akan diperlombakan di kejuaraan kali ini. Yakni, 50 meter gaya bebas, kupu-kupu dan punggung untuk kategori SD putra dan putri. 50 meter gaya kupu-kupu dan punggung untuk pelajar SLTP dan SLTA putra putri. Dilombakan pula 100 meter gaya bebas untuk tingkat SLTP dan SLTA putra putri.
“Untuk acara technical meeting akan kita laksanakan pada  20 Juni pukul 16.00 WIB di Kolam Renang Oevang Oeray,” ungkap dia seraya mengatakan para pemenang di kejuaraan kali ini akan mendapatkan piagam, medali dan uang pembinaan dari panitia pelaksana. 
Edi Rusdi Kamtono juga mengharapkan agar even ini menjadi jembatan bagi para pelajar kota Pontianak yang ingin terjun menjadi seroang atlet renang. Selama ini, Edi menilai, gairah para pelajar untuk terjun sebagai seorang atlet renang masih minim. Padahal, kata dia, jika dilihat dari posisi geografis, Kalimantan Barat adalah daerah yang dikelilingi sungai, bahkan Pontianak memiliki aliran sungai terpanjang di Indonesia yang bisa menjadi media untuk melatih fisik dan keberanian dalam berenang. “Seharusnya kita memiliki banyak perenang andal, tapi berbeda dengan kenyataan sesungguhnya, Kalbar masih sangat sedikit memiliki atlet renang bahkan cabor renang sangat minim prestasi,” ungkapnya.
Kedepan Kepala Dinas PU Kota Pontianak tersebut berharap, kejuaraan renang seperti ini tak hanya didominasi oleh para perenang dengan muka-muka lama. Dirinya menginginkan agar hadir muka-muka baru yang bisa dibina untuk menjadi seorang atlet profesional.   Dirinya juga ingin agar cabor renang menjadi olahraga yang digemari para pelajar dan remaja kota Pontianak. Dia juga menghimbau kepada tiap guru dan kepala sekolah untuk menghadirkan renang sebagai ekstra kulikuler di setiap sekolah. “Mungkin ini salah satu cara agar renang lebih memasyarakat di kalangan pelajar sekolah,” ungkap dia. (pontianakpost)  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar