Selasa, 19 Juni 2012

PON 2012: Target PRSI DKI Mendulang 15 Emas


JAKARTA: RENANG INDONESIA - Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) DKI Jakarta ingin bangkit dari keterpurukan pada PON XVII Samarinda, Kalimantan Timur.
Betapa tidak menyakitkan, dari 40 nomor yang dipertandingkan di cabang renang, hanya satu yang bisa menghasilkan medali emas, juga tujuh medali perak, dan tujuh medali perunggu.
Di PON Riau, yang akan berlangsung September nanti, PRSI DKI ingin membuat lonjakan besar. Target yang dipasang adalah enam medali emas. Itu artinya 600 persen dari apa yang diperoleh di Kaltim empat tahun lalu. Target itu, menurut Ketua Umum PRSI DKI Jakarta Lukman Niode, sangat realistis bila melihat prestasi perenang-perenang DKI belakangan ini.
"Tetapi, secara keseluruhan dari empat subcabang yang di PRSI, yakni renang, loncat indah, renang indah, dan polo air, kita menargetkan 15 medali emas. Selain enam dari renang, loncat indah diharapkan menyumbang empat medali emas, renang indang tiga medali emas, dan polo air dua medali emas putra dan putri," ujar Lucky, panggilan akrab Lukman Niode, kepada Suara Karya di Jakarta, kemarin.
Lucky mengatakan, dari kalkulasi itu sebenarnya masih ada peluang untuk menambah perolehan medali emas kalau renang indah mempertandingkan lima nomor. Pasalnya, target tiga emas di renang indah itu adalah perhitungan sapu bersih kalau hanya tiga nomor dipertandingkan.
"Kalkukasi itu bukan sekadar janji. Tetapi, atlet renang indah PON ini empat di antaranya atlet nasional yang menjadi tim inti Indonesia di SEA Games XXVI Jakarta-Palembang 2011. Jadi, kita optimistis mereka bisa berbuat banyak," tutur Lucky, yang mantan atlet renang Olimpiade ini.
Dikatakannya, di renang indah itu ada 7-9 nomor lomba. Kalau di SEA Games lalu, tujuh nomor dipertandingkan, tetapi di PON belum ada kepastian. Kisarannya antara tiga dan lima nomor.
Lucky menambahkan, dari seluruh cabang olahraga yang tergabung dalam PRSI DKI Jakarta, mayoritas adalah atlet nasional. Itu sebabnya PRSI DKI optimistis dapat meraih 15 medali emas dari empat subcabang tersebut. Bahkan, untuk mencapai target itu, renang indah sudah mendatangkan pelatih asing dari China, Jing Ji.
"Polo air kita berani targetkan dua medali emas karena mayoritas dari pemainnya adalah pemain nasional yang memperkuat tim SEA Games tahun lalu. Loncat indah atletnya juga mayoritas mantan atlet SEA Games yang sudah bisa diukur prestasinya," tutur Lucky. (Suara Karya)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar