Minggu, 05 Agustus 2012

Remaja 15 Tahun Rebut Emas

Katie Ledecky

LONDON, RENANG INDONESIA - Amerika Serikat kembali menancapkan dominasinya di cabang renang pada Olimpiade  London 2012. Bukan hanya para perenang senior yang menjaring emas dari kolam renang, perenang remaja berusia 15 tahun pun mampu merebut medali emas.
Katie Ledecky, perenang kelahiran 17 Maret 1997 dari Maryland, AS, melengkapi dominasi tim AS dengan merebut emas di nomor 800 meter gaya bebas putri. Ledecky merebut emas dengan catatan waktu delapan menit 14,63 detik. Catatan waktu itu memecahkan rekor Amerika.
Medali perak direbut Mireia Belmonte Garcia dari Spanyol, sedangkan medali perunggu direbut  Rebecca Adlington dari Inggris
Ledecky adalah atlet termuda di tim AS untuk Olimpiade London 2012, bukan hanya di renang tetapi juga di semua cabang lainnya. Ledecky belum pernah bertanding mewakili AS di kompetisi manapun di luar negeri, dan olimpiade kali ini adalah ajang internasional di luar AS yang pertama baginya.

Rebecca Adlington Tak Malu Ditaklukkan Remaja 15 Tahun
Perenang Inggris, Rebecca Adlington, tetap merasa bangga meskipun dikalahkan perenang berusia 15 tahun dari Amerika Serikat, Katie Ledecky di nomor 800 meter gaya bebas, Sabtu (4/8/2012) di London Aquatics Centre. Menurut Adlington, meraih medali di cabang renang adalah hal yang tidak mudah.
Katie Ledecky finis terdepan dengan catatan waktu 8 menit dan 14,63 detik. Peringkat kedua diperoleh oleh perenang Spanyol, Mireia Belmonte Garcia.
Rebecca Adlington yang menjadi perenang perempuan andalan Britania Raya di Olimpiade London 2012 harus puas di urutan ketiga dan meraih medali perunggu. Perempuan 23 tahun tersebut menorehkan catatan waktu 8 menit dan 20,32 detik.
Meski gagal meraih medali emas, Adlington tetap merasa bangga dengan medali perunggu.
“Saya bangga meraih medali perunggu, tidak perlu malu akan hal tersebut,” tutur peraih dua medali emas di Beijing 2008 itu seperti dilansir BBC.
Menurut perenang yang namanya diabadikan sebagai kereta tersebut, meraih medali di olahraga renang adalah hal yang sulit. Wajar, dia mengaku kesal dengan orang yang menyorot kekalahannya.
“Saya kesal ketika orang menyatakan ini adalah kekalahan. Anda tidak melakukan olahraga saya. Renang adalah salah satu cabang yang paling sulit untuk meraih medali. Renang tidak seperti olahraga lain. Semoga publik tetap bangga saya meraih perunggu,” ungkap perenang Britania Raya pertama yang memenangkan dua medali emas sejak 1908 itu.
Katie Ledecky adalah atlet Olimpiade London 2012 Amerika Serikat yang termuda. Selain itu, Ledecky merupakan perenang termuda kedua yang meraih medali dalam sejarah Negeri Paman Sam. (KOMPAS.com)  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar