Minggu, 05 Agustus 2012

Dan.... Phelps tinggalkan olimpiade

Michael Phelps

London. RENANG INDONESIA - Warisan yang ditinggalkan Michael Phelps bukan uang atau properti mahal. Adalah semangat olimpiade yang diwakili 18 medali emas dari perenang Amerika Serikat selama dia berkiprah di banyak perhelatan olahraga dunia bernama olimpiade.

Olimpiade London 2012 masih sekitar dua pekan lagi. Phelps akhirnya meninggalkan arena pertandingan olimpiade dengan 18 medali emas dia catatkan; banyak di antaranya berlatar pemecahan rekor dunia atau rekor olimpiade.

Secara keseluruhan, dia mengumpulkan 22 medali. Angka itu mematahkan catatan rekor dunia, yang selama ini dipegang oleh pesenam Uni Soviet, Larisa Latynina, sebanyak 18 medali.

"Akhirnya, saya melakukannya. Setelah melalui pasang surut perlombaan, saya telah memperoleh semua yang saya inginkan," kata Phelps. "Warisan saya di dunia renang bukan saja medali, melainkan juga semangatnya menghadapi arena perlombaan di kolam," katanya.

Pelatih Phelps, Bob Bowman, mengatakan, perenang kelahiran Baltimore, 27 tahun lalu itu, telah meraih targetnya.

"Beberapa tahun terakhir ini banyak sekali orang ingin berenang karena ingin tahu seberapa hebat mereka beraksi di kolam renang. Hal itu luar biasa dan meningkatnya keikutsertaan itu semata-mata karena Phelps," kata Bowman.

Sementara itu, bintang renang baru dari AS, Missy Franklin (17), mengatakan prestasi Phelps, termasuk peraihan delapan medali emas di delapan pertandingan Olimpiade Beijing 2008, menjadi inspirasi bagi generasi baru dunia renang.

"Ketika seseorang berhasil meraih prestasi itu, maka dia akan menjadi contoh yang luar biasa," kata Franklin.

Phelps telah berniat pensiun dari atlet renang, bahkan sebelum Olimpiade London dimulai, dia mengatakan akan merindukan bertarung di kolam. Kegagalannya meraih medali di nomor 400 meter gaya ganti menimbulkan kekecewaan dan pesimisme di awal turnamen renang Olimpiade London.

Namun akhirnya Phelps berhasil meraih empat medali emas dan dua perak di Olimpiade London, yang menjadi penampilan terakhirnya di perlombaan renang. (ANTARA News) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar