Minggu, 05 Agustus 2012

Phelps Koleksi 18 Emas di Pengujung Karier

Michael Phelps

LONDON, RENANG INDONESIA - Michael Phelps menutup pentasnya di ajang Olimpiade dengan sabetan medali emas. Ini dia raih setelah Amerika Serikat menjuarai lomba renang gaya ganti estafet 4x100 meter di Olimpiade London 2012, Sabtu (4/8/2012), dengan catatan waktu 3 menit 29,35 detik.

Tampaknya, pertandingan tersebut lebih kepada sebuah formalitas untuk menobatkan Phelps sebagai perenang terbaik di muka bumi ini, daripada sebuah kontes. Dia menyelesaikan lomba terakhirnya di kolam renang Olimpiade dengan persembahan medali emas, yang merupakan emas ke-18 raihannya.

Nama Phelps mulai menyita perhatian publik ketika dia merajai renang gaya kupu-kupu 12 tahun silam di Sidney, Australia. Sejak itu,  pria dengan tinggi 193 cm ini tak pernah lepas dari medali emas hingga dia menutup kariernya dengan medali paling bergengsi itu.

Ketika mereka menyelesaikan pertarungan 4x100 meter, Phelps langsung memeluk rekan-rekannya, Matt Grevers, Brendan Hansen, dan Nathan Adrian, sebelum dia kembali ke dek yang terakhir kali ditempatinya. Phelps kemudian melambaikan tangan kepada penonton dan tersenyum, sebagai ucapan perpisahan yang ditandai dengan hasil menggembirakan.

Phelps pensiun dengan membuat rekor medali emas dua kali lebih banyak dari para Olimpian lain, karena total raihannya adalah 22 medali. Dia juga pasti sangat bangga, karena meskipun tak sedominan dulu ketika menyabet delapan medali emas di Olimpiade Beijing 2008, tetapi kali ini dirinya masih bisa mempersembahkan emas bagi negaranya.

Dalam perjalanan perjuangannya di London, Phelps sempat harus menelan kekecewaan di awal kompetisi karena hanya berada di urutan keempat 400 meter gaya ganti individual. Tetapi, kerja kerasnya memberikan hasil yang cukup membanggakan, karena hingga berakhirnya seluruh rangkaian cabang olahraga renang, dia mengumpulkan 4 medali emas dan 2 perak.

Pada nomor estafet 4x100 meter ini, Jepang berhasil menyabet medali perak dengan catatan waktu 3 menit 31,26 detik. Medali perunggu diraih Australia, yang mencatat waktu 3 menit 31,68 detik. (Kompas.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar