Minggu, 05 Agustus 2012

Rekor dunia renang 1.500 meter putra dipecahkan Sun Yang

Sun Yang

London. RENANG INDONESIA - Perenang putra China, Sun Yang, memperbaiki rekor dunianya sendiri ketika menang di nomor gaya bebas 1500 meter putera di kolam renang Olimpiade London, Sabtu.

Sun (20) finis 14 menit 31,02 detik, memperbaiki rekor lama 14:34.14, yang dibuat dia tahun lalu pada kejuaraan dunia di Shanghai

Sun sebelumnya memperbaiki rekor dunia perenang Australia, Grant Hackett, di nomor 1.500 meter gaya bebas di Shanghai, memperbaiki rekor yang bertahan selama 10 tahun dan pecah pada era dibolehkannya mengenakan baju renang berteknologi tinggi.

Ryan Cochrane dari Kanada meraih medali perak dengan catatan 14:39.63, dan mantan juara Oussama Mellouli dari Tunisia meraih medali perunggu dengan waktu 14:40.31.

Terjadi kontroversi sebelum start babak final, ketika Sun menyentuh air sebelum perlombaan dimulai, tetapi ia menampik melakukan salah start.

"Saya tidak mendengar suara hakim karena suasana amat bising. Saya kira saya akan didiskualifikasi (setelah start salah)," kata Sun. "Saya tidak sengaja melakukan itu dan saya amat khawatir di diskualifikasi," katanya.

Badan ranang dunia FINA mengatakan, Mellouli sebelumnya memprotes tentang awal lomba itu, tetapi akhirnya perenang dari Tunisia itu menerima keptususan wasit dan tidak akan melakukan banding.

"Tidak ada perenang lain yang memprotes start itu," kata juru bicara FINA.

Perenang Inggris, Daniel Fogg, yang finis di urutan kedelapan, mengatakan tidak masalah ketika Sun mengambil lajurnya pada awal start perlombaan.

"Saya merasa tidak ada masalah dengan apa yang dilakukan Sun," katanya.

Ini medali emas kedua Sun dalam perlombaan itu, setelah sebelumnya ia menjadi perenang pertama China di kolam renang yang meraih medali emas di nomor 400 meter gaya bebas. (ANTARA News) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar