Rabu, 12 Januari 2011

Sudah Pakai Sunblock, Kok Masih Gosong?

Shelomitha

MAJALAH RENANG INDONESIA. Sebelum nyemplung ke kolam renang, Anda sudah mengoleskan sunblock. Cuaca pun rasanya mendung. Tetapi setelah acara berenang selesai, kok kulit tetap belang-belang ya?

Inilah problem umum yang dihadapi kaum perempuan. Namun hanya karena Anda selalu mengalaminya, bukan berarti berenang lantas ditinggalkan. Anda hanya perlu memeriksa ulang cara Anda mengaplikasikan sunblock. Sudah  benarkah caranya?

Perlu Anda ketahui, segala aktivitas yang Anda lakukan di luar ruangan akan rentan terhadap pajanan sinar matahari, kelembaban udara, polusi, dan debu. Minimal, kalau Anda hanya akan terpapar matahari saat turun dari mobil dan berjalan ke dalam ruangan kantor, Anda tetap harus menggunakan krim tabir surya. Sebab, ruangan tertutup hanya akan menahan radiasi UVB, sedangkan UVA tetap akan masuk meskipun kita di dalam ruangan. Begitupun bila cuaca mendung, karena gelap itu hanya berasal dari awan, sedangkan sinar matahari tetap menembus.

Bila Anda akan melakukan aktivitas yang cukup lama di luar ruangan, krim tabir surya ini wajib digunakan. Menurut Dr Srie Prihianti, SpKK, PhD, spesialis kulit dan kelamin dari Erha 

Clinic, Anda juga harus lebih cermat dalam memilih produk sunblock. Pilihlah krim dengan SPF yang tinggi, setidaknya SPF30. Untuk aktivitas mendaki gunung atau beraktivitas di tempat-tempat lain yang pajanan sinar mataharinya sangat kuat, pilih yang SPF50. Gunakan juga kacamata goggle untuk melindungi retina mata.

Selain itu, perhatikan juga manfaat lain dari krim tabir surya yang akan Anda beli.

"Apakah sunblock itu sifatnya sweat proof? Apakah ia memberikan proteksi selama 24 jam?" tukas Dr Srie, saattalkshow "Kulit Sehat dan Bebas Beraktivitas di Alam Terbuka", yang diadakan oleh majalah MORE Indonesia dan Yayasan Lupus Indonesia di fX Plaza, Jakarta,.

Sunblock, kata Dr Srie, harus dipakai minimal 30 menit sebelum berenang. Sebab, krim ini harus menyerap dulu ke dalam kulit, baru bekerja. "Jadi, kita bukan mengoleskan sunblock di pinggir kolam renang, lalu langsung nyemplung di kolam," tuturnya.

Kemudian, ini yang penting, sunblock harus dioleskan ulang setiap beberapa jam jika Anda berada di luar ruangan dalam waktu lama. SPF30, misalnya, harus diulang pengaplikasiannya setiap 1-2 jam, sedangkan SPF50 setiap 2-3 jam. Cobalah mengoleskan dengan jumlah yang cukup. "Masalahnya, orang itu sering merasa risih karena tabir surya itu terasa lengket, sehingga hanya menggunakan tipis-tipis saja," kata Srie.
Anda tidak perlu mencuci muka ketika akan memulas ulang sunblock, meskipun kulit wajah sudah terasa ngereskarena tercampur debu. Bila memang ada air, cukup gunakan air bersih (tanpa sabun). KOMPAS.com -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar