Selasa, 30 Juli 2013

Kejuaraan Dunia Akuatik 2013: Sun dan Ledecky Raih Emas, Mona dan Raina Belum Maksimal

BARCELONA, RENANG INDONESIA — Perenang putra China, Sun Yang dan putri AS, katie Ledecky, meraih medali emas pertama di Kejuaraan Dunia Renang 2013 di Barcelona, Minggu (Senin WIB).

Di nomor 400 meter gaya bebas, Sun Yang meraih medali emas dengan catatan waktu 3:41.59.  Sun Yang merupakan peraih medali emas Olimpiade London 2012 di nomor 400 meter dan 1.500 meter.

Sementara di nomor putri, Katie Ledecky meraih emas di nomor yang sama dengan catatan waktu 3 menit 59.82 detik. Perak diraih perenang tuan rumah Spanyol, Melanie Costa, sementara perenang Selandia Baru, Lauren Boyle, mendapat medali perunggu.

Dua atlet renang putri Indonesia yang tampil di hari pertama gagal mencapai hasil maksimal. Di nomor 100 meter gaya kupu-kupu, Monalisa Arieswaty menempati posisi 39 dari 53 peserta dengan catatan waktu 1:03.93. "Waktunya hanya terpaut 0.50 detik dari best time-nya. Namun nomor ini memang bukan nomor dia," ungkap Albert C Sutanto, pelatih yang menadampingi tim Indonesia ke Barcelona melalui pesan singkat kepada Kompas.com.

Hasil lebih buruk dicatat Raina Saumi Grahita di nomor 400 meter gaya bebas. Raina menempati peringkat 32 dari 37 peserta dengan catatan waktu 4:29.61. "Hasil ini terpaut 9 detik dari catatan waktu terbaiknya (4:20.17),"  lanjut Albert.

Menurut Albert, penampilan atlet renang tak lepas dari pendeknya waktu adaptasi di Barcelona. Perjalanan Jakarta-Barcelona memakan waktu hampir 24 jam. "Kita hanya punya waktu satu hari untuk penyesuaian kolam renang, waktu, dan makanan," katanya. "Para perenang negara ASEAN lainnya (Thailand, Malaysia, dan Singapura) sudah tiba sejak 23 dan 24 Juli. Sementara waktu tempuh perjalanannya pun lebih pendek (sekitar 12-13 jam)."

Namun Albert optimistis para atlet yang berangkat (Monalisa, Raina, Gde SIman Sudartawa, dan Triady Fauzi) akan dapat beradaptasi pada hari-hari berikutnya. "Kita lihat saja apakah mereka memperbaiki performa dan tampil maksimal." (Kompas.com) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar