Rabu, 17 Juli 2013

Indra Gunawan Masih Menyimpan Medali

JAKARTA, RENANG INDONESIA  — Perenang nasional Indra Gunawan masih menunggu keputusan akhir Dewan Olimpik Asia (OCA) berkaitan dengan kasus doping yang menimpanya di ajang Asian Indoor and Martial Arts Games (AIMAG2013) di Incheon, Korea Selatan, awal Juli lalu.

Indra yang meraih satu-satunya medali emas buat kontingen Indonesia dinyatakan positif mengonsumsi doping berjenis zat Methylhexaneaminebersama atlet renang lainnya, Guntur Pratama Putera.

"Saya diminta oleh Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) untuk tetap tinggal di Indonesia selama satu bulan ini untuk menunggu perkembangan lebih lanjut dari kasus ini. Kemungkinan akan ada sidang untuk mendengarkan keterangan saya dan Guntur," kata Indra, Selasa (16/7/2013).

Indra yang mengaku memang "kemasukan" zat terlarang melalui suplemen yang dikonsumsinya berharap kesaksiannya akan meringankan bobot kesalahannya tersebut. "Saya berkali-kali menyatakan bahwa saya hanya mengonsumsi suplemen yang selama ini biasa dikonsumsi Guntur yang saat itu kebetulan jadi teman sekamar saya selama di Incheon," kata Indra.

Indra dan Guntur memang mengonsumsi minuman suplemen Jack3D sebelum turun dalam pertandingan di Incheon. Ia mengaku tidak merasa khawatir mengonsumsi suplemen tersebut karena memang dikonsumsi pada Pekan Olahraga Nasional di Riau, September 2012 lalu. "Saya  pikir karena ini tingkatannya sudah perenang pelatnas, seharusnya hal seperti ini kan sudah diketahui," kata Indra.

Ia mengetahui masalah doping ini setelah diberitahu pelatih setelah selesainya event lomba. "Saya diberitahu sehabis berlatih pagi hari. Saya pikir bagaimana bisa terjadi, saya kan tidak pernah mengonsumsi barang yang dilarang?"

Namun, Indra menyesali ada kesan berita ini menjadi berat sebelah. "Dikatakan medali saya dicabut dan medali Guntur (perak) tidak. Bagaimana bisa? Apalagi Guntur itu kan dapat medali perak di nomor estafet. Medali saya pun sampai saat ini masih saya simpan."

Dalam situs resmi AIMAG2013 memang tidak ada berita soal pencabutan medali emas milik Indra Gunawan. Bahkan dalam tabel perolehan medali, Indonesia masih berada di urutan 14 dengan  pengumpulan 1 emas, 3 perak, dan 4 perunggu. Dalam tulisan review tentang cabang renang, situs ini menulis, "...Kazakhstan captured three gold medals while Thailand and Vietnam each took home two golds. The remaining one gold went to Indonesia."

Indra juga menyesali adanya anggapan bahwa dirinya sudah pasti bersalah dan terancam hukuman dan kemungkinan tidak akan memperkuat Indonesia di SEA Games Myanmar.  "Tiba-tiba saja berita yang tersebar sepertinya saya ini sudah pasti bersalah dan karier saya terancam habis. Sementara tidak pernah ada konfirmasi kepada saya," kata Indra yang kelahiran 1988 ini.

"Kalau saya dikonfirmasi kan pasti bisa lihat kejanggalannya. Saya ini di nomor 50 meter gaya dada memang berpeluang emas karena hanya terpaut 0,0010 detik dari perenang dengan catatan waktu terbaik di nomor ini. Jadi,, untuk apa saya ambil risiko dengan menggunakan doping secara sengaja?"

Indra Gunawan selama ini merupakan atlet andalan Indonesia di nomor gaya dada. Ia selalu menjadi pilihan utama untuk tim estafet Indonesia di ajang SEA Games bersama I Gde Siman Sudartawa (punggung), Glenn Victor Sutanto (kupu-kupu), dan Triady Fauzi (bebas). Bila Siman dan Triady memilih berlatih di Jakarta dan Bandung, Indra berlatih di Debrechen, Hongaria, sementara Glenn memilih berlatih di Singapura.

"Saya berlatih di Hongaria dengan target terdekat di SEA Games Desember 2013 dan target terakhir di Asian Games 2014 mendatang," kata Indra lagi. "Bagi saya, berlatih di luar lebih  kondusif karena lebih fokus pada prestasi," kata Indra lagi.

Selama menunggu hasil dari OCA, Indra berlatih di kolam renang Cikini bersama atlet-atlet pelatnas, seperti Kathriana Mella dan Raina Saumi. Sementara para atlet pelatnas lainnya tengah mengikuti ajang Universiade di Kazan, Rusia.

"Kalau dikatakan menyesal, pasti saya menyesal. Bahkan menyesal mengapa saya harus ikut ke Korea, kalau tahu akan repot seperti ini? Saya dari Hongaria langsung ke Jakarta dan ke Korea. Saya bayangkan akan langsung kembali ke Hongaria, karena itu saya hanya bawa tiga celana pendek," kata Indra yang dikabarkan akan pindah ke Jawa Timur dari Sumatera Utara.

Ia tidak mau berprasangka adanya orang yang tak suka kepada dirinya dan mengaku hanya bisa pasrah menunggu hasil sidang. "Saya mau minta bantuan siapa? Saat ini saya dalam titik terendah untuk percaya kepada orang lain." (KOMPAS.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar