Minggu, 21 Juli 2013

I Gde Siman Sudartawa Siapkan Diri ke Kejuaraan Dunia Akuatik

JAKARTA - I Gde Siman Sudartawa langsung mulai berlatih, sehari setelah pulang dari ajang Universiade di Kazan, Rusia yang berlangusng 6-17 Juli lalu.
Siman tiba bersama rombongan atlet Indonesia pada Jumat (19/6/2013) siang, setelah menempuh perjalanan lebih dari sepuluh jam dari Rusia.
Sabtu (20/6/2013), ia langsung berlatih kembali di kolam renang Cikini dan bergabung bersama atlet renang nasional lainnya, Raina Saumi G yang tidak ikut ke Rusia.
Siman dan Raina, betrsama dua atlet lainjnya, Monaliza dan Triady Fauzi akan brelaga di ajang kejuaraan dunia di barcelona Spanyol yang berlangusng akhir jUli ini. Menuurt renacana, rombongan akan bertolak pada 25 Juli mendatang.
"Kalau capek ya memang capek, karena perjalannya kan jauh. Tapi kan harus selalu siap," kata Siman yang lolos ke semifinal nomor 50 meter gaya punggung. "Sayta mencatat waktu selisih 0.01 detik dari rekornas. tapi ada di posisi 10 di semifinal," kata Siman.
Ia mengaku mendapat banyak pelajaran dari kejuaraan level dunia tersebut. "Di situ kan yang ikut atlet-atlet terbaik negera mereka, termasuk Rusia. Cuma China dan Amerika mungkin yang menyimpan perenang terbaik untuk kejuaraan dunia di Barcelona," kata Siman.
Pelajaran terbaik adalah soal strategi penampilan di babak kualifikasi yang berlangsung pagi hari. "Selama ini, untuk tingkat Asia Tenggara kami tidak tampil maksimal di kualifikasi, karena tetap saja mampu lolos ke babak final," nkata Siman. "Di Rusia, kami harus tampil maksimal sejak kualifikasi. Ini yang berbeda."

Karena itulah, ia berharap para atlket renang nasional diberi kesempatan menjajal kekuatan di luar Asia Tenggara untuk meningkatkan kemmapuan bersaing. Tim Indonesia masih akan menghadapi "uji coba" di Hong Kong Open (Agustus) dan Islamic Solidarity Games (September) sebelum terjun ke ajang pesta olah raga SEA Games di Myanmar, Desember mendatang. (TRIBUNNEWS.COM,)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar