Jumat, 19 April 2013

PRSI Sumbar Siapkan Pengganti Yosita


Padang, Padek - RENANG INDONESIA —Sumbar sudah hampir pasti kehilangan perenang andalannya, Patricia Yosita Hapsari pada PON Jawa Barat 2016 mendatang. Peraih tiga emas PON Riau tahun lalu itu, kemungkinan besar akan membela DKI Jakarta.

Namun demikian Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pe­ng­prov) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sum­bar Agus Boing Nur­bian­toro, optimistis Sumbar akan mampu menciptakan pere­nang handal pengganti Yosita.

“Dari hasil kejurda yang kami gelar dan pelaksanaan Porprov XII tahun lalu, ada enam nama yang sudah masuk list PRSI Sumbar untuk diper­siapkan menuju arena PON XIX. Sebagai langkah lanjutan saringan, kami akan meminta ko­mitmen orangtua si atlet untuk siap dibina dan membe­la panji-panji Sumbar di ajang nasional,” sebut Agus Boing di ruang kerjanya, Sabtu (13/4).

Pemantauan dan pemillih­an atlet-atlet renang masa depan Sumbar itu tak sekadar prestasi yang dicapainya pada ajang Kejurda dan Porprov lalu. Menurut Agus, perenang pilihan itu disaring juga berda­sarkan usia yang dihitung dan disesuaikan dengan waktu pengembangan, serta postur tubuhnya.

Terkait dengan komitmen orangtua, ia berencana untuk me­ngkonsentrasikan pem­bina­an si atlet di Padang yang notabene punya fasilitas lebih lengkap. Konsekuensi pola training centre (TC) ini, biaya hi­dup si atlet, termasuk pen­di­dikannya, menjadi tang­gungan pihaknya. Pada pem­bi­naan nanti, mereka akan di­gembleng dengan pelatih khu­sus.

”Jadi, perlu komitmen orang­tua si atlet. Jangan sam­pai nanti ketika si atlet jadi, tiba-tiba mereka mengajukan banyak syarat hingga mening­galkan Sumbar,” katanya.

Soal pembinaan oleh pela­tih yang akan ditunjuk nanti, ia berharap pelatih tak sekadar memikirkan teknik, tapi juga memotivasi dengan mengem­bangkan semangat kekeluar­gaan melalui emosional yang baik. Untuk lebih memper­tajam, Agus Boing juga melirik pelatih asing. Salah satu pela­tih yang dilirik adalah pelatih yang berasal dari Singapura. Tak hanya itu. Agus Boing juga akan menyiapkan pelatih fisik yang diharapkan bisa me­ngem­bangkan kemampuan fisik si atlet.

”Setiap saat nantinya si atlet akan kami pantau. Kare­nanya, perkembangan itu akan jadi catatan bagi pelatih,” tu­turnya sembari menegaskan pihaknya siap untuk ambil bagian diberbagai iven renang nasional serta PON Remaja di Surabaya tahun 2014 men­datang. “Saya pastikan kami akan ikut di PON Remaja,” tegasnya. (Padang Ekspres)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar