Kamis, 04 April 2013

Kejurprov DKI Ajang Seleksi ke Kejurnas dan Popnas


JAKARTA, RENANG INDONESIA - Meski sempat terancam ditiadakan,  kejuaraan renang provinsi (Kejurprov) DKI tetap berlangsung 11-13 April ini.

Sebelumnya rencana pelaksanaan ajang tahunan ini sempat terancam tidak dapat dilangsungkan. Salah satu alasannya adalah terkatung-katungnya tanggal pelaksanaan kejurnas di Lombok.

Kejurnas yangakan berlangsung di Lombok 20-22 Mei ini,  sebelumnya direncanakan berlangsung akhir April. Mepetnya waktu pelaksanaan Kejurnas dan Kejurprov membuat banyak  klub anggota PRSI DKI menolak menjadi tuan rumah. Kondisi ini semakin rumit karene kepengurusan Pengprov PRSI DKi di bawah Lukman Niode sudah memasuki masa demisioner sebelum pemilihan ketua umum yang baru.

Namun akhirnya Kejurprov dilangsungkan  dengan ketua panitia mantan atlet renang nasional Richard Sam Bera dan penaggungjawab PR Millennium Aquatic. "Sebelumnya wacananya Kejurprov dilangsungkan  dengan tuan rumah bersama antara beberapa klub. Tetapi karena tidak ada yang bersedia, kami menjadi tuan rumah tunggal. Kesulitan utama tentunya pada penghimpunan dana," kata Felix C. Sutanto dari PR Millennium Aquatic.

Ajang yang akan berlangsung di Graha Renang SOR Pertamina Simpruk Jakarta, pada 11-13 April ini menurut Felix sangat penting karena menjadi ajang seleksi pemilihan atlet renang DKI ke beberapa ajang lomba nasional. "Dari Kejuaraan provinsi ini kita akan menjaring atlet yang akan terjun ke ajang kejurnas di Lombok," kata Felix.

Kejurprov kali ini wajib diikuti para atlet renang yang masuk dalam Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda DKI). Ajang ini juga akan diikuti atlet renang nasional yang tengah mempersiapkan diri mengahdapi SEA Games Myanmar, Desember mendatang seperti Gde Siman Sudartawa, Ressa Kania Dewi dan atlet-atlet daerah yang berlatih di Jakarta.

Pentingnya ajang ini dibenarkan oleh Eko Purwandari, salah satu ketua perlombaan. "Selain kejurnas, para talet yang ikut di kejurprov kali ini juga akan mengikuti seleksi untuk ajang seperti Pekan Olah Raga Pelajar Nasional (Popnas)," kata Eko. "Para atlet Popnas akan dipilih berdasar prestasi mereka di Kejurprov dan kejurnas."

Ajang Popnas akan berlangsung pada September di Jakarta. Cabang renang diharap menjadi salah satu penyumbang medali emas terbanyak untuk memenuhi target tim DKI menjadi juara umum. (kompas)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar