Jumat, 18 Januari 2013

SEA Games: Tim Renang Optimis Raih Tujuh Emas


JAKARTA, RENANG INDONESIA - Tim renang Indonesia optimis mampu meraih tujuh medali emas dalam SEA Games 2013 di Myanmar mendatang. Medali tersebut diharapkan bisa diraih dari sejumlah nomor baik perseorangan maupun beregu.
Demikian diungkapkan Pelatih Tim Nasional Renang Indonesia Albert C Sutanto di Jakarta, Rabu (16/1/2013).
Albert mengatakan, target medali itu bisa diraih karena persiapan menghadapi SEA Games kali ini berbeda dari sebelumnya. Jika pada SEA Games sebelumnya para atlet hanya berlatih beberapa bulan menjelang pertandingan, untuk tahun ini mereka sudah mulai berlatih sejak Oktober 2012.
Persiapan tersebut tidak hanya di Jakarta, tetapi juga sudah dilakukan di masing-masing daerah asal para atlet. Namun, mulai Senin mendatang semua atlet renang yang berjumlah sekitar 35 orang rencananya akan mulai memasuki Pelatnas.
Pada SEA Games 2013 sejumlah atlet ditargetkan meraih medali emas seperti I Gede Siman Sudartawa pada nomor perseorangan 100 meter dan 200 meter gaya punggung, Glen Victor Sutanto pada nomor 100 meter gaya kupu-kupu, Triadi Fauzi pada nomor 50 meter gaya bebas, dan Monaliza Arieswati dan Raina Saumi di nomor 200 gaya kupu-kupu.

Untuk memastikan target medali emas bisa diraih, selain mendapatkan pelatihan di Indonesia, sejumlah atlet juga direncanakan akan berlatih di Australia.
"Rencananya akan ada enam orang yang akan dikirim ke Australia pada pertengahan Februari 2013 untuk mendapatkan bimbingan dari Simon Redmon, pelatih asal Australia," ungkap Albert.
Para atlet yang rencananya akan dikirim adalah perenang yang ditargetkan meraih medali emas seperti Siman Sudartawa, Triadi Fauzi, Glen Victor, Raina Saumi, Monalisa Arieswati, dan Yessi Yosaputra.
Namun, dari keenam atlet tersebut hanya tiga orang yang memastikan berangkat ke Australia yakni Reina, Monaliza, dan Yessi. Sedangkan Siman, Triadi, dan Glen menolak.
"Glen menolak karena memilih untuk berlatih di Singapura, sedangkan Triadi dan Siman memilih untuk tetap berlatih di Indonesia," ungkap Albert.
Ketika ditemui sesaat setelah latihan, Siman mengungkapkan kalau ia memang tidak ikut berangkat ke Australia. "Aku masih muda untuk latihan ke Australia dan juga tidak bisa jauh dari orang tua. Selain itu, kualitas pelatih di Indonesia sama dengan di sana (Australia)," kata Siman.
Untuk pengganti ketiga atlet yang menolak berangkat ke Australia, Albert mengatakan akan diputuskan pada Gathering Pelatnas Tim Renang SEA Games 2013 di Cisarua, Bogor, tanggal 20-27 Januari mendatang. (KOMPAS.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar