Sabtu, 07 Januari 2012

Renang Baik untuk Kesehatan Jantung

Prof.Sutomo Kasiman, ahli jantung, menuturkan treatment yang dilakukan kepada penderita jantung usia tua dan muda tetap sama. Namun, Sutomo menekankan dua langkah terpenting untuk melindungi jantung sejak usia muda. Berupa pencegahan primer dan sekunder. 
Pencegahan primer yakni menjauhkan diri dari segala rIsiko penyebab penyakit jantung serta olahraga yang teratur. Ia menganjurkan olahraga renang sebagai olahraga yang ideal menyehatkan jantung.
Mengapa harus renang? Alasannya karena renang efektif menggerakkan seluruh bagian tubuh serta minim cedera. Cocok untuk tua dan muda. Paling baik jika dilakukan teratur setiap hari atau sekurang-kurangnya tiga kali seminggu.
Tetapi yang perlu diperhatikan adalah kemampuan adaptasi tubuh saat berolahraga, atau biasa disebut limitasi. "Jangan sampai menyebabkan debar atau sesak. Perlu diperhatikan juga limit denyut jantung kita, rumusnya 200 dikurangi umur. Misalnya, individu yang berusia 30 tahu, denyut jantung nya 170 kali per menit saat olahraga itu normal,"Sutomo menjelaskan.
Ia menambahkan,kemampuan tubuh beradaptasi tubuh terhadap gerakan olahraga biasanya selama dua minggu. Sedangkan pencegahan sekunder adalah perawatan yang dilakukan pada individu yang pernah mengalami serangan jantung.

(TRIBUNNEWS.COM)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar