Minggu, 15 Januari 2012

Perenang Tiga Klub Dominasi Tim Jatim

Pengurus Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Jatim tampaknya harus bersabar untuk bisa mengetahui berapa atlet renang Jawa Timur yang lolos ke PON 2012, pasalnya hingga Jumat (13/1) ini Pengurus Besar PRSI di Jakarta masih belum merelease nama-nama atlet yang dinyatakan lolos.
Meski nama-nama resmi belum ada, sudah dapat dipastikan tim renang Jatim ke ajang PON 2012 Semptember mendatang akan didominasi perenang dari tiga klub Petro Kimia Gresik, HIU Surabaya dan SAC Sidoarjo.
Meskipun sudah lewat setengah bulan dari penyelenggaraan Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan Seluruh Indonesia (Krapsi) 2011 yang menjadi ajang Kualifikasi PON dan semakin dekatnya pulaevent PON di Riau, PB PRSI belum juga memberi kepastian tentang nama-nama atlet yang lolos dari hasi kejuaraan nasional tersebut.
“Ya, kita ancar-ancar (perkirakan, red) sudah tahu atlet Jatim yang lolos sementara berdasarkan kriteria peringkat nasional, tapi belum bisa direlease resmi, karena kita menunggu release dari Pusat dulu mas. Mungkin dalam bulan Februari,” ujar Reswanda T. Ade, Manager renang Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) Jatim.
Namun, atlet-atlet renang Puslatda Jatim jauh hari memang telah dipersiapkan, diri. “Perkiraan ada sekitar 15 atlet kita (Jatim, Red) yang diperkirakan masuk PON dan untuk sisa kuotanya didasakan atas pencapaian atlet-atlet seluruh Indonesia yang mampu tembus limit PON yang diambil secara proporsional berdasarkan dominasi daerah masing-masing,” jelas Reswanda.
Klub-klub renang Jatim memang hanya Petro Kimia Gresik dan HIU Surabaya yang mampu menjuarai peringkat kedua dan ketiga di Krapsi 2011 lalu, demikian juga SAC Sidoarjo yang hanya mampu menduduki peringkat 14. Nyaris kekuatan utama renang Jatim yang akan diandalkan di PON nanti hanya bertumpu pada tiga klub tersebut. Meskipun program Puslatda yang dilakukan oleh PRSI Jatim juga mengambil beberapa atlet dari klub-klub lain yang akan dilatih untuk tampil lebih maksimal lagi di PON nanti.

(surabayapost)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar