Selasa, 05 Februari 2013

Rebecca Adlington mundur dari renang

Rebecca Adlington

RENANG INDONESIA-Perenang andalan Inggris yang meraih dua medali emas Olimpiade, Rebecca Adlington, mengundurkan diri pada usia 23 tahun.
Adlington merupakan perenang putri Inggris yang pertama kali meraih medali emas Olimpiade dalam waktu 48 tahun belakangan.
Di Olimpiade Beijing 2008, dia memenangkan  nomor 400m dan 800m gaya bebas. Dua tahun kemudian, Adlington meraih emas dalam dua nomor tersebut di Pesta Olahraga Persemakmuran.
Namun dia memutuskan tidak mempertahankan kedua gelarnya di Persemakmuran 2014, yang akan berlangsung di Glasgow, Skotlandia.
"Saya cinta renang, namun dalam hal pertandingan dan atlet elite, saya tidak akan ikut lagi," tuturnya.
Dalam Olimpiade London 2012, Adlington meraih medali perunggu untuk dua nomor spesialisasinya tersebut.
"Saya sudah mencapai semua yang saya inginkan. Beberapa orang ingin menghasilkan semua yang mereka bisa. Saya selalu mengatakan ingin berhenti ketika sedang berprestasi, terlepas dari kecintaan saya atas olahraga."
Tahun 2008, Adlington meraih peringkat tiga dalam pemilihan Olahragawan Terbaik BBC 2008

Dianggap warisan nasional
Ketua Asosiasi Olimpiade Inggris, Lord Coe, menyebut Adlington sebagai perenang yang memberi inspirasi bagi generasi muda.
"Keberhasilan Becky Adlington yang tidak terlupakan di Beijing menginspirasi satu generasi untuk masuk ke kolam dan berenang."
"Kepribadiannya yang rendah hati dan pencapaian karir yang luar biasa menjadikannya sebagai warisan nasional," tambah Lord Coe.
Bulan September lalu, Adlington sudah mengatakan tidak akan turun di Olimpiade Rio 2016 karena -menurutnya- pada usia 27 tahun dia sudah terlalu tua.
Adlington dikenal aktif dalam kegiatan amal dan mengatakan kegiatan sosialnya di luar kolam renang menjadi lebih penting.
Kini dia akan memusatkan perhatian pada lembaga Rebecca Adlington Swim Stars untuk mendorong kaum muda berlatih renang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar