Kamis, 20 Februari 2014

Richard Sambera Usulkan Atlet Renang Asian Games Berlatih di AS

Jakarta – RENANG, Peraih medali perunggu 100 meter gaya bebas Asian Games 1990, Richard Sambera, memberikan saran kepada Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI). Untuk mematangkan persiapan menuju Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, Richard mengusulkan agar PB PRSI melakukan latihan di luar negeri.
Berlatih di luar negeri perlu dilakukan untuk mendapat atmosfer latihan yang berbeda, bukan cuma soal peningkatan teknik.

"Latihan di luar negeri jelas perlu. Bukan cuma untuk meningkatkan teknik, atau kolamnya berbeda. Kolamnya sih sama saja, tapi untuk mendapat atmosfer latihan yang berbeda. Jadi atlet bisa merasakan latihan yang diterapkan pelatih di sana itu seperti apa, juga suasana kompetisi dengan atlet di sana," ujar Richard di fX Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (18/2).

Richard yang sampai saat ini terus mengikuti perkembangan olahraga renang Indonesia, juga menyebut latihan di dalam negeri kurang kondusif.

Satu negara yang diusulkan Richard adalah Amerika Serikat. Penyebabnya, ia sangat paham dengan iklim olahraga renang di sana. Maklum, Richard adalah alumni fakultas Political Science and Economic di Arizona State University. Ia pernah menjadi atlet kampus sekaligus asisten pelatih di sana.

Ide Richard ini sejalan dengan pemikiran PB PRSI. Bulan lalu, Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PRSI, Heru Purwanto sudah mengusulkan agar atletnya beruji coba ke Eropa dan Amerika Serikat.

Usulan rawan ditolak jika melihat pernyataan Deputi IV Bidang Pembinaan dan Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga, Djoko Pekik. Djoko mengatakan cabang olahraga yang berangkat ke Asian Games 2014 harus lebih bijaksana dalam menentukan lokasi uji coba. Jika levelnya Asia, uji coba juga di wilayah yang sama.


Heru lalu menyanggah dengan argumen jika uji coba hanya sebatas di Asia maka olahraga Indonesia akan sulit maju. Dan lagi uji coba tersebut dimaksudkan sebagai modal menuju Olimpiade Rio de Janeiro 2016 mendatang. (beritasatu.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar