Sabtu, 01 Februari 2014

Ian Thorpe, Pemegang 5 Medali Emas Olimpiade, Jalani Rehabilitasi

Ian Thorpe
SYDNEY, RENANG — Perenang Australia peraih lima medali emas Olimpiade, Ian Thorpe, menjalani perawatan di rumah sakit di Sydney. Dia sedang berjuang mengatasi depresi dan kecanduan alkohol.

Perenang berusia 31 tahun itu, salah satu olahragawan paling terkenal di Australia, tengah berjuang menyesuaikan diri setelah meninggalkan dunia kompetisi renang. Dia mengakhiri karier renang setelah gagal membangun tim untuk Olimpiade London pada 2012.

Sydney Daily Telegraph, Jumat (31/1/2014), menulis pada awal pekan ini, Thorpe terluka karena jatuh. Thorpe dirawat di rumah sakit sejak Rabu (29/1/2014), untuk depresi dan masalah alkoholnya.

Penyiar yang juga teman dekat Thorpe, Alan Jones, mengonfirmasi kabar tersebut. "Ya, itu serius, tetapi tidak banyak yang saya bisa atau mau saya tambahkan (informasinya)," ujar dia. "Ian adalah orang yang baik, tetapi ia sedang punya kesulitan mengenai masalahnya."

Thorpe pensiun pada 2011. Dia lalu berusaha membangun tim untuk Olimpiade London, tetapi gagal lolos. Pada 2012 dia merilis otobiografi dan mengakui perjuangannya mengatasi alkohol dan depresi.

"Bahkan, keluarga saya menyadari bahwa saya telah menghabiskan banyak hidup saya berjuang menghadapi apa yang saya hanya bisa menyebutnya sebagai depresi yang melumpuhkan," tulis Thorpe dalam buku itu. "Ini adalah bagian sangat gelap yang harus disembunyikan (selama ini)."

Thorpe menambahkan bahwa tak terelakkan depresi membawanya kepada pengalihan lain untuk meredakannya. "Saya menemukan alkohol," aku dia.

Lima medali emas diraup Thorpe dalam Olimpiade 2000 di Sydney dan Olimpiade 2004 di Athena, Yunani. Sukses Thorpe antara lain berkat ukuran kaki dan tangan yang lebih besar dibandingkan orang lain pada umumnya.

Thorpe menjadi orang pertama yang mendapatkan enam medali emas dari satu kejuaraan dunia pada 2001, dari total 11 gelar serupa yang dimilikinya. Dia juga mengantungi 10 medali emas Commonwealth Games, dengan enam di antaranya dia dapatkan di Manchester, Inggris, pada 2002.

Tuntutan gaya hidup selebriti dan tekanan latihan membuat Thorpe memutuskan keluar dari jalur di kolam renang pada 2006. Dia lalu berkecimpung di industri desain perhiasan dan kemudian televisi, sebelum upaya comeback yang gagal total pada 2011 tersebut. (KOMPAS.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar