Minggu, 16 Juni 2013

Kompetisi Renang Liga Mahasiswa Segera Digelar

Jakarta – RENANG INDONESIA - Liga Mahasiswa (LIMA) kembali menyelenggarakan kompetisi olahraga bergengsi untuk kalangan mahasiswa dan atlet profesional dari seluruh Indonesia.
Setelah sukses dengan penyelenggaraan kompetisi LIMA Basketball dan LIMA Badminton, kini LIMA menyelenggarakan kompetisi mahasiswa di cabang olahraga renang tingkat nasional yang disebut LIMA Swimming.
Kompetisi ini rencananya akan diadakan pada tanggal 29-30 Juni 2013, dengan mengambil tempat di arena Kolam Renang Pertamina, Simprug, Jakarta Selatan.
Ryan Gozali, CEO LIMA menyatakan, penyelenggaraan LIMA Swimming bertujuan untuk menjembatani kompetisi renang antar mahasiswa dan atlet profesional.
"LIMA Swimming kita selenggarakan untuk menjadi jembatan antara mahasiswa dan atlet profesional sehingga ada jenjang yang mempertemukan mereka di titik tengah," kata Ryan dalam rilisnya di Jakarta, Jumat (14/6).
Lebih lanjut Ryan menyatakan, ajang ini juga bertujuan untuk mendukung mereka yang sudah memiliki prestasi di bidang renang untuk terus berprestasi di olahraga renang tanpa harus meninggalkan bangku kuliah.
"Selain itu, kompetisi ini juga bisa menjadi semacam tolak ukur untuk mengetahui minat mahasiswa terhadap olahraga renang," katanya
Pihak LIMA sendiri menyiapkan tiga pilar pendukung yang selalu ada dalam setiap kompetisi yang mereka selenggarakan.
Pertama, para atlet kampus peserta LIMA harus mewakili satu nama kampus, bukan nama fakultas tertentu, karena ini menjadi modus penyaringan talenta terbaik kampus tanpa batasan fakultas. Kedua, setiap peserta harus memiliki IPK minimal 2,0 dan Ketiga, peserta harus memiliki social responsibility.
"Kami berharap tidak hanya berprestasi dalam hal olahraga, peserta kompetisi LIMA juga peduli dengan lingkungan sekitar," tambah Ryan.
Dalam penyelenggaraan kompetisi ini, LIMA bekerjasama dengan Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) sehingga peraturan perlombaan akan dibuat mengikuti peraturan yang dibuat oleh PRSI dan FINA.
Pada musim perdananya ini LIMA Swimming akan mempertandingkan 15 nomor untuk putra dan putri yang terdiri dari gaya bebas, punggung, kupu-kupu, dan dada yang masing-masing mempertandingkan jarak 50m, 100m, dan 200m untuk putra dan putri.

Adapun tiga nomor lainnya berasal dari gaya ganti perorangan 200m, dan dua nomor beregu yakni gaya bebas estafet dan gaya ganti estafet 4X100m untuk putra dan putri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar