Kamis, 20 Juni 2013

14 Perenang Nasional ikuti "ASEAN Schools Games" di Hanoi

Jakarta, RENANG INDONESIA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo melepas kontingen pelajar yang akan turun pada "5th ASEAN Schools Games 2013" di Hanoi Vietnam, 22-30 Juni.

Pengukuhan dan pelepasan atlet muda Indonesia itu dilakukan di Wisma Kemenpora di Jakarta, Kamis.

"Harapan saya pada kontingen Indonesia tidak terlalu besar. Saya meminta kontingen memberikan yang terbaik minimal mampu mempertahankan posisi 'runner up'," kata Roy Suryo usai pelepasan.

Menurut dia, berbekal sekitar 190 atlet putra dan putri peluang untuk meraih target terbuka lebar.

Hanya saja, katanya, perjuangan untuk meraih hasil terbaik dibutuhkan kerja keras semua pihak.

Pada ASEAN Schools Games Vietnam, kata dia, lawan terberat bukan hanya tuan rumah karena Thailand yang terus mendominasi sejak 2009 juga menjadi ancaman atlet muda Indonesia yang selama ini masuk dalam PRIMA Pratama.

Komandan Kontingen "5th ASEAN Schools Games 2013" Akhyar Matra mengatakan jumlah anggota kontingen yang meliputi atlet dan pelatih mencapai 211 orang.

Indonesia mengikuti sembilan cabang, yaitu atletik 16 orang, renang 24 orang, basket 11 orang, bulutangkis 14 orang, bola voli 24 orang, sepak takraw 18 orang, tenis meja 10 orang, dan pencak silat 27 orang.

"Semua atlet sebelum berangkat ke Vietnam besok, Jumat (21/6), telah menjalani pelatnas di Jakarta selama 30 hari. Mereka digembleng oleh pelatih-pelatih yang berpengalaman," kata Akhyar Matra.

Ketua Satlak PRIMA Suryadharma mengatakan mayoritas atlet yang diberangkat ke Vietnam adalah atlet PRIMA Pratama. Mereka adalah calon atlet masa depan Indonesia.

Dari sembilan cabang yang dipertandingkan, kata dia, kontingen Indonesia berpeluang besar mendulang medali emas dari lima cabang, yaitu bola voli, bulutangkis, tenis meja, renang, dan atletik. Untuk cabang lainnya, atlet Indonesia tetap mempunyai peluang meraih medali.

"Kalau di Surabaya tahun lalu, kita dapat 33 medali emas, untuk saat ini dari lima cabang diharapkan bisa mendapatkan 28 sampai 30 medali emas," kata Suryadharma usai pelepasan atlet. (ANTARA News) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar