Sabtu, 10 Mei 2014

Atlet-atlet Nasional Ramai-ramai Uji Coba di Malaysia Terbuka

JAKARTA, RENANG — Para atlet renang nasional Indonesia melakukan uji coba pada ajang 57th Malaysian Open Swimming Championships yang akan berlangsung di kolam renang Bukit Jalil, Kuala Lumpur, 8-11 Mei 2014.

Para atlet renang yang akan ikut, termasuk yang tergabung di Pelatnas Asian Games Incheon seperti I Gde Siman Sudartawa, Triady Fauzi Sidiq, dan Ricky Anggawijaya. Juga para atlet pelatnas SEA Games Singapura 2015 seperti Alexis Wijaya Ohmar, Ressa Kania Dewi, Raina Saumi, dan Patricia Yosita Hapsari.

Menurut pelatih nasional Albert C Sutanto, ajang 57th Malaysia Open Swimming Championships ini penting karena termasuk dalam ajang kualifikasi atau seleksi untuk mengikuti FINA World Championship di Kazan, Rusia, pada 2015 serta 2nd Youth Olympic Games di Nanjing, Agustus 2014.

"Ajang ini memang diakui FINA sebagai ajang seleksi atau kualifikasi untuk lolos ke dua event di atas. Dengan kolam yang bagus maupun lawan atau sparring yang bagus, kita berharap anak-anak dapat mencapai hasil maksimal," kata Albert, sebelum berangkat bersama tim di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (6/5/2014).

Menurut Albert pula, untuk 2nd Youth Olympic Games saat ini baru ada dua nama atlet renang yang lolos limit A (otomatis lolos), yaitu Ricky Anggawijaya dan Monaliza dari Jawa Barat. "Beberapa atlet lainnya sudah lolos limit B. Tetapi untuk amannya mereka harus lolos limit A," kata Albert lagi.

Para atlet renang yang tergabung dalam tim Youth Olympic Games di Nanjing memang ingin memanfaatkan ajang ini untuk lolos ke Nanjing, seperti atlet renang Mustaghfirin yang ikut di nomor 50, 100, dan 200 meter gaya bebas. "Masih selisih dua detik untuk lolos di limit A di nomor 100 meter gaya bebas. Berat, tetapi saya harus coba," kata atlet asal Jawa Tengah ini.

Sementara itu, dua atlet DKI, Adityastha Rai Wratsangka dan Ilham Achmad, juga mencoba menembus limit A Youth Olympic Games di nomor masing-masing. Adityastha di gaya punggung, sementara Ilham di gaya dada.

Menurut Albert, ajang 57th Malaysian Open Swimming Championships bukan ajang kualifikasi terakhir menuju Youth Olympic Games. "Ajang kualifikasi terakhir itu di ASEAN Age Group di Singapura pada Juni mendatang. Tetapi untuk lolos ke sana, para atlet muda ini harus lolos limit di Kejuaraan nasional yang akan berlangsung akhir Mei," lanjut Albert. (Kompas.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar