Minggu, 20 Oktober 2013

Pelatnas Masuki Persiapan Terpenting Jelang SEA Games

JAKARTA, RENANG - Para atlet pelatnas akan memasuki persiapan terpenting, delapan pekan jelang berlangsungnya SEA Games di Myanmar, Desember mendatang.

Menurut pelatih nasional Albert C. Sutanto, para atlet yang kini mempersiapkan diri secara terpisah di beberpa tempat, seperti Jakarta dan Bandung serta luar negeri memang belum berada pada kondisi puncak.

"Kita masih punya waktu sekitar dua bulan jelang SEA Games, jadi kita sekarang tahapannya adalah persiapan secara desentralisasi pada pelatnas di daerah-daerah sebelum kita melakukannya secara terpadu," kata Albert di Jakarta, Minggu (20/10/2013).

Pelatnas secara terpadu direncanakan akan berlangsung di hotel Seruni, Cisarua, Bogor mulai 10 November mendatang. "Semua atlet renang, kecuali yang di luar negeri, akan mengikuti pelatnas di Seruni selama sekitar sepuluh hari. Setelah itu mereka kembali ke daerah masing-masing sebleum kita berangkat pada 5 Desember ke Myanmar," kata Albert.

Menurut Albert, pelatnas bersama di Seruni ditujukan untuk kebersamaan atlet dan pelatih nasional, sekaligus aklimatisasi cuaca di Myanmar. "Diperkirakan cuaca Myanmar pada pertengahan Desember akan sedingin daerah Bogor-Puncak. Jadi persiapan di Seruni menjadi semacam simulasi yang menguntungkan," katanya lagi.

Sebelum pelatnas terpadu di Seruni dilakukan, beberapa atlet pelatnas akan mengikuti lomba termasuk di luar negeri. "Beberapa atlet seperti Raina Saumi, Ricky Anggawijaya dan lainnya akan memperkuat tim pelajar Indonesia ke ajang Asian School Swimming Championships di Makau, China dari awal hingga 7 November mendatang," kata Albert. "Setelah itu mereka akan mengikuti pelatnas di Seruni," katanya.

Sementara atlet Jawa Barat, Monalisa Areiswaty Lorenza yang juga masuk dalam tim ke Makau mengundurkan diri untuk mempersiapkan diri mengejar target ke SEA Games. "Mona memang menjadi satu yang dibebani target meraih satu dari 6 medali emas incaran kita di Myanmar," ungkap Albert.

Menurut Albert, dalam waktu yang semakin sempit, ini tim pelatih nasional akan berusaha memperbaiki kekurangan para atlet. "Soal peningkatan stramina, kita hanya akan berusaha membawa mereka ke kondisi puncak mereka di Myanmar. Namun yang terpenting adalah perbaikan-perbaikan kecil soal teknik mereka," lanjut Albert.

Pelatnas Jakarta dipusatkan di kolam renang Cikini antara lain Gde Siman Sudartawa, Guntur Pratama Putera, Alexis Wijaya Ohmar, Dennis Tiwa,  Raina Saumi, Kahriana Mella, dan Ressa Kania Dewi. Sementara di Bandung,  Triady Fauzi, Monalisa, Jessy V. Yosaputra, dan Ricky Anggawijaya.

Di samping pelatnas dalam negeri beberapa atlet renang lainnya mempersiapkan diri di luar negeri: Glenn Victor dan Roderick Luhur di Singapura, Indra Gunawan di Hongaria dan Patricia Yosita Hapsari di AS. (Kompas.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar