Jumat, 18 Oktober 2013

Bandung Akan Miliki Stadion Renang Taraf Internasional

BANDUNG, RENANG — Kabupaten Bandung akan membangun kolam renang bertaraf internasional dalam rangka persiapan menjadi tuan rumah PON XIX/2016 yang berlokasi di sekitar Kompleks Stadion Si Jalak Harupat Soreang.

"Lahannya sudah siap sekitar enam hektar dan rencananya kolam renang itu akan berkualifikasi internasional, siap menggelar pertandingan berkelas nasional ataupun internasional," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Ahmad Djohara di sela-sela pembukaan Sepak Bola Piala Bupati Bandung di Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Menurut Ahmad Djohara, di sekitar Kompleks Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, terdapat lahan dan sebagian telah digunakan untuk sejumlah fasilitas olahraga.

Saat ini, kata Ahmad Djohara, belum ada fasilitas olahraga renang bertaraf internasional.

"Kolam itu akan dilengkapi dengan fasilitas tribune yang bisa menampung ribuan penonton serta fasilitas pertandingan yang modern dan serba digital sehingga benar-benar siap menjadi tuan rumah PON XIX/2016," katanya.

Saat ini, rencana tersebut masih terus dalam pembahasan. Pembangunannya akan dilakukan dengan anggaran berbagi antara Kabupaten Bandung dan Pemprov Jawa Barat.

"Anggaran pembangunannya direncanakan dilakukan secara sharing dengan Pemprov Jabar. Rencana ini terus kami matangkan dan dibahas," katanya.

Ia menyebutkan, Kompleks Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, akan menjadi salah satu tempat untuk menggelar pertandingan PON XIX/2016 sekaligus menjadi kompleks olahraga terbesar di Kabupaten Bandung.

Bila terlaksana, maka kolam renang itu akan menjadi kolam renang bertaraf internasional pertama di Jawa Barat yang dibangun secara indoor sehingga bisa digunakan untuk menggelar pertandingan tanpa terpengaruhi kondisi hujan.

"Semuanya akan indoor. Bagian atasnya ditutup sehingga bisa menggelar pertandingan tanpa terganggu kondisi cuaca hujan sekalipun," katanya.

Pasca-PON XIX/2016, kolam tersebut akan dirawat dan khusus untuk latihan dan pembinaan atlet. Dalam arti, kata dia, kolam itu tidak akan dibuka untuk umum. (antara)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar