Kamis, 21 Maret 2013

Richard Ikut Kontes "Iron Man"


JAKARTA, RENANG INDONESIA — Mantan atlet renang nasional, Richard Sam Bera, tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba triatlon IRONMAN Asia-Pacific Championship di Melbourne, akhir peklan ini.

Asal tahu saja, lomba triatlon IRONMAN dianggal "gila" karena mmebutuhkan ketahanan fisik yang luar biasa. Lomba di Melbourne dengan rincian lomba 3,8 kilometer renang di perairan lepas, 180 kilometer bersepeda, dan lari maraton 42,2 kilometer.

Tahun ini lomba IRONMAN Asia-Pacific Championship Melbourne ini akan berlangsung Minggu (24/3/2013). Lomba triatlon ini akan berlokasi di pantai Frankston, jalur balap sepeda di jalur bebas hambatan EastLink, serta lari maraton di St Kilda Catani Gardens.

Meski dianggap "gila", tetapi lomba ini mampu menyedot banyak peminat baik dari Australia maupun dari luar, termasuk Richard dari Indonesia. Hanya dalam waktu 4 menit 57 detik, formulir pendaftaran langsung habis. Tak kurang dari 2.200 atlet akan mengikuti lomba.

Richard yang telah berusia 42 tahun mengaku hanya ingin merasakan atmosfer lomba triatlon legendaris ini. "Kalau mau mengejar waktu jauh sekali," kata Richard, Senin (18/3/2013). Ia sendiri memperkirakan akan menempuh jarak tersebut dalam waktu 13 jam. Sementara itu, rekor tercepat sekarang tercatat 7 jam 45 menit 58 detik oleh Marino Vanhoernacker dari Belgia pada 2011 lalu.

Menurut Richard yang pernah merajai nomor sprint gaya bebas, ia telah cukup lama memendam keinginan untuk ikut serta. "Saya yakin bisa, meski waktunya tidak usah dilihat-lah," kata Richard.

Untuk itu, ia mempersiapkan diri dengan berlatih setiap hari. "Tempatnya saya memilih di sekitar kompleks rumah saya di wilayah Cibubur," kata Richard. "Kondisi dan situasi jalan-jalan Kota Jakarta sudah tidak kondusif untuk berlatih. Terlalu ramai dan semrawut."

Untuk berlatih sepeda, ia terkadang melakukan bebeberapa varian. "Kadang saya mencoba bersepeda  Cibubur-Bogor bolak-balik," katanya. "Lumayan-lah bisa dapat jarak 90 kilometer," lanjutnya.

Sementara untuk renang, Richard melakukannya di kolam renang tempatnya beraktivitas sehari-hari. Antara lain, ia berlatih bersama para atlet renang nasional yang tengah berlatih di kolam renang Cikini. (Kompas)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar