Sabtu, 24 Maret 2012

RENANG OLIMPIADEL Try Out ke Singapura untuk Evaluasi

Kendati atlet renang Indonesia belum ada yang lolos kualifikasi A, namun sang pelatih pelatnas renang Olimpiade Indonesia tetap optimistis dapat mengirimkan atletnya ke Olimpiade London 2012, yang akan berlangsung Juli-Agustus mendatang. Pasalnya, FINA, sebagai induk organisasi renang dunia, membatasi setiap negara hanya boleh mengirimkan 16 atlet, dan masing-masing mendapat jatah mengikuti dua nomor lomba.
"Aturan yang dikeluarkan FINA ini jelas sangat menguntungkan bagi Indonesia. Betul ada 900 atlet kualifikasi B dari 203 negara yang berebut untuk lolos ke Olimpiade, namun yang dipilih adalah perenang yang catatan waktunya mendekati catatan waktu kualifikasi A," kata Kepala Pelatih Pelatnas Renang Olimpiade Indonesia Hartadi kepadaSuara Karya di Jakarta.
Menurut Hartadi, dua dari empat perenang yang lolos kualifikasi B, yakni Glenn Victor dan I Made Siman Sudartama, sangat besar peluangnya untuk masuk. Kita berharap, dua perenang lagi dari tiga perenang, Indra Gunawan, Triadi Fauzi, dan M Idham Dasuki, di bagian putra dapat lolos. Kalau bisa tentu semuanya.
"Selain empat atlet yang sudah lolos kualifikasi B itu, kita berharap di bagian putri juga lolos dua atlet. Namun, bila di putri putri tidak ada yang lolos, kita bisa mengajukan satu perenang untuk dapat wild card," ujar Hartadi.
Menurut Hartadi, sebelum 19 Juli sebagai batas terakhir proses kualifikasi, masih ada sejumlah try out yang harus diikuti, di antaranya Singapura bulan Maret, Malaysia bulan Mei, dan kemungkinan dua kali ke Eropa. Di Eropa baru satu yang pasti, yakni di Italia. Kalau tidak jadi satu lagi ke Eropa berarti kembali lagi ke Singapura.
"Di ajang Singapura Nasional Championship ke-43, yang akan berlangsung 13 - 17 Maret, diharapkan atlet pelatnas Olimpiade bisa mencapai top performance-nya 99,5 persen. Sebab, di ajang inilah kita akan melakukan evaluasi untuk atlet," ucap Hartadi.
Ia menjelaskan, perenang yang dikirim ke Singapura minus Indra Gunawan, yang kini sedang berada di Hongaria untuk latihan. Kemudian usai kejuaraan di Singapura, kemungkinan Glenn Victor akan kembali melanjutkan latihan di Singapura untuk jangka waktu tertentu.
"Khusus untuk I Gede Siman Sudartama, lantaran usianya yang masih relatif muda, belum bisa dilepas berlatih ke luar negeri. Biar saja dia konsentrasi di dalam negeri. Toh, dengan kondisi latihan yang sekarang, dia sudah merasa nyaman," ucap Hartadi. (Suara Karya)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar