Sabtu, 24 Maret 2012

Perebutan Atlet, Baori Periksa Bintang Renang SEA Games

Badan Arbitrase Olahraga Indonesia (Baori) melakukan mediasi antara Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali dan KONI Riau terkait saling berebut atlet perenang I Gede Siman Sudartawa. Ketua Bidang Organisasi KONI Pusat Sudirman mengatakan, ia sudah memeriksa pihak terkait pada sidang mediasi.
"Perwakilan dari kedua pihak hadir dengan didampingi pengacara masing-masing, termasuk atlet yang diperebutkan, yaitu Siman, juga hadir," kata Sudirman.
Sudirman mengatakan bahwa kedua pihak telah memaparkan secara singkat mengenai permasalahan yang terjadi. Rencananya, lanjut dia, kesepakatan mengenai status Siman Sudartawa itu akan dihasilkan pada pertemuan berikutnya, Selasa (27/3).
"Selasa depan akan ada kesepakatan. Apa pun kesepakatan itu, kami berharap jangan sampai mengorbankan atlet," katanya.
Proses rekonsiliasi atas perenang muda bintang SEA Games XXVI tersebut, menurut Sudirman, diharapkan tidak sampai berlanjut ke tahap sidang majelis. "Sejauh ini sudah ada titik terang, dan semoga permasalahan ini tidak sampai dibawa ke sidang majelis," kata Sudirman.
Kasus rebutan atas perenang muda peraih medali emas SEA Games 2011 itu terjadi karena kedua pengurus KONI daerah tersebut mengklaim Siman sebagai atlet renang yang mewakili daerah mereka pada PON Riau 2012. KONI Bali merasa sebagai pihak yang berhak atas atlet Siman karena perenang kelahiran Bali, 8 September 1994 itu telah lolos kualifikasi PON 2012 sebagai wakil Provinsi Bali. Namun, Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) mengeluarkan surat keputusan yang menyatakan bahwa Siman Sudartawa mewakili Riau untuk PON 2012.
Sementara itu, tim renang Indonesia belum berhasil menambah atletnya yang lolos Olimpiade London 2012 menyusul berakhirnya kejuaraan renang Singapura Terbuka, beberapa waktu lalu. "Masih jauh, Mas, dari itu, sedangkan pencapaian waktu 99 persen saja masih belum bisa ditempuh perenang Indonesia," kata Manajer Tim Renang Indonesia Hartadi Nurjojo di Semarang, Senin.
Ia mengatakan, sampai kini Indonesia baru meloloskan empat perenangnya ke Olimpiade London 2012 dari tujuh perenang yang masuk pelatnas. Keempat perenang tersebut adalah Glenn Victor (100 meter gaya kupu), Triadi Fauzi (200 meter gaya kupu) yang lolos melalui kejuaraan renang Singapura Terbuka 2011. Kemudian I Gede Siman Sudartawa (100 dan 200 meter gaya punggung), serta Indra Gunawan (100 meter gaya dada) melalui SEA Games XXVI/2011.
Perenang pelatnas yang belum mengantongi tiket ke Olimpiade adalah Enny Susilowati, Yessy Yosaputra, dan Idham Dasuki.Ketika ditanya target tim renang Indonesia pada Olimpiade mendatang, Hartadi, yang juga Ketua Harian Pengprov PRSI Jawa Tengah, mengatakan, kalau untuk meraih medali sangat sulit. "Kita bisa ikut Olimpiade saja sudah merupakan prestasi yang bagus," katanya. (Ant/Gungde Ariwangsa)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar