Sabtu, 14 September 2013

POPNAS 2013: Dibebani Target Medali, Renang Terkendala Lokasi

JAKARTA, RENANG - Padatnya jadwal lomba dan lalu lintas Jakarta pada jam kerja menjadi ancaman terpenuhinya target tim renang DKI Jakarta di ajang Pekan Olah Raga Pelajar Nasional (Popnas) XII/2013.

Tim renang pelajar DKI diharap menyumbang 8-10 medali emas yang berarti sekitar 15  persen dari target 55 medali emas yang dibutuhkan kontingen tuan rumah DKI untuk menggeser Jawa Timur  menjadi juara umum Popnas XII yang berlangsung 14-20 September ini.

Namun  ketatnya jadwal lomba yang berlangsung pagi dan sore hari di GOR Sumantri Brodjonegoro, Kuningan membuat tim pelatih harus berpikir ekstra keras. "Jadwal lomba di bagi dua,  kualifikasi pada pagi hari pukul 9 hingga pukul 12-an dan final pada pukul 4 sore. Praktis atlet yang lolos ke final hanya punya waktu istirahat dua jam," kata pelatih tim DKI, Felix C. Sutanto, Jumat (13/9/2013).

Persoalannya, pemanfaatan waktu dua jam untuk istirajat itu akan sulit dilakukan. Untuk kembali ke penginapan yang terletak di jalan Kapten Pierre Tendean, para atlet harus melewati kepadatan jalan Rasuna Said yang memang terkenal padat merayap  pada jam kerja. "Dari segi jarak mungkin hanya beberapa kilometer, tetapi kepadatan lalu lintas dapat membuat perjalanan tempuh bisa satu jam," kata Felix.

Penempatan tim renang DKI di lokasi Hotel Maharadja memang agak menyulitkan bagi pengaturan waktu istirahat.  Sebelumnya, dalam masa persiapan menjelang Popnas, tim renang ditempatkan di Hotel Aston yang terletak di lokasi Epicentrum, Kuningan. Lokasi ini hanya berjarak lima menit ditempuh jalan kaki ke kolam renang GOR Sumantri.

"Kalau dari Hotel Aston, anak-anak pasti bisa lebih  siap karena bisa langsung istirahat agar sore harinya dapat tampil maksimal," lanjut Felix. "Lagipula di sini tidak ada masalah traffic karena hanya berjarak lima menit jalan kaki."

Beberapa cabang lain dari tim DKI sampai saat ini masih menempati Hotel Aston, karena memang dekat dengan lokasi pertandingan di GOR Sumantri Brodjonegro.

Menurut Felix, pihaknya akan meminta panitia pertandingan renang memundurkan jadwal final ke pukul 17.00 agar para atlet mendapat istirahat yang cukup dan dapat tampil maksimal di final.

Dalam acara pengukuhan kontingen DKI ke Popnas XII di Balai Kota, Senin (9/9/2013) lalu, wakil Gubernur DKi Basuki Tjahaja Purnama meminta para atlet berjuang keras dan membawa kontingen DKI menjadi juara umum.(kompas.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar